adplus-dvertising

Besok, Raih Kemuliaan dengan Puasa Arafah

Fitrah Nugraha, telisik indonesia
Rabu, 29 Juli 2020
1745 dilihat
Besok, Raih Kemuliaan dengan Puasa Arafah
Selain ibadah haji dan kurban, kaum muslimin juga disunnahkan perbanyak puasa, termasuk puasa di hari Arafah 9 Dzulhijjah 1441 H yang jatuh pada Kamis besok (30/7/2020). Foto: Repro muslim.or.id

" Intinya, berdasarkan hadis puasa Arafah tersebut, mari memperbanyak amal saleh yang berkualitas, seperti puasa, sholat, sedekah, ta'lim, amar makruf nahi mungkar, dan sebagainya. "

KENDARI, TELISIK.ID - Selain ibadah haji dan kurban, kaum muslimin juga disunnahkan perbanyak puasa, termasuk puasa di hari Arafah 9 Dzulhijjah 1441 H yang jatuh pada Kamis besok (30/7/2020).

Pembina Majelis Nurul Ilmi Kendari, Ustaz Mahyuddin mengatakan, puasa Arafah ini mempunyai keutamaan, yaitu dimana Allah akan menghapuskan (dosa) satu tahun sebelumnya dan satu tahun setelahnya bagi siapa yang melaksanakan puasa di 9 Dzulhijjah ini.

Hal tersebut, kata dia, berdasarkan hadits Rasulullah yang diriwayatkan Imam Muslim dari Abu Qatadah bahwa Rasulullah bersabda, "Puasa satu hari Arafah (tanggal 9 Dzulhijjah), aku berharap kepada Allah, Dia akan menghapuskan (dosa) satu tahun sebelumnya dan satu tahun setelahnya. Puasa hari ‘Asyura’ (tanggal 10 Muharram), aku berharap kepada Allah, Dia akan menghapuskan (dosa) satu tahun sebelumnya.”


Baca juga: Berkurban, Keluarga yang Terdaftar Juga Tak Boleh Bercukur dan Potong Kuku?

Selain itu, Muballigh muda ini melanjutkan, anjurkan puasa di bulan Dzulhijjah sebenarnya juga disunnahkan dilakukan sejak 1 sampai 9 Dzulhijjah.

Berdasarkan keumuman dalil yang artinya, Rasulullah SAW bersabda, "Tiada ada hari lain yang disukai Allah SWT untuk diisi dengan ibadah sebagaimana (kesukaan-Nya pada) sepuluh hari ini (awal bulan Dzulhijjah),’” (HR At-Tirmidzi).

"Intinya, berdasarkan hadis puasa Arafah tersebut, mari memperbanyak amal saleh yang berkualitas, seperti puasa, sholat, sedekah, ta'lim, amar makruf nahi mungkar, dan sebagainya," katanya kepada Telisik.id.

Reporter: Fitrah Nugraha

Editor: Haerani Hambali

Baca Juga