Binmas Polda Sulawesi Tenggara Antisipasi Gangguan Kamtibmas dan Tantangan Global

Ahmad Jaelani, telisik indonesia
Jumat, 06 September 2024
0 dilihat
Binmas Polda Sulawesi Tenggara Antisipasi Gangguan Kamtibmas dan Tantangan Global
Dit Binmas Polda Sulawesi Tenggara saat menggelar Rakernis di Swissbell Hotel, Kendari, Kamis (5/9/2024). Foto: Ist

" Personel Polri diingatkan untuk selalu proaktif dalam menjaga stabilitas keamanan dan ketertiban masyarakat (kamtibmas) di tengah tantangan kehidupan sosial yang semakin kompleks "

KENDARI, TELISIK.ID – Personel Polri diingatkan untuk selalu proaktif dalam menjaga stabilitas keamanan dan ketertiban masyarakat (kamtibmas) di tengah tantangan kehidupan sosial yang semakin kompleks.

Menghadapi tantangan itu, Direktorat Pembinaan Masyarakat (Binmas) Polda Sulawesi Tenggara mengimplementasikan strategi adaptif dalam menjaga keamanan melalui Rapat Kerja Teknis (Rakernis) di Swissbell Hotel Kendari, Kamis (5/9/2024).

Drektur Direktorat Binmas Polda Sultra, Kombes Pol Antonius Danang Heru Wibowo, mengatakan peran Polri sangat penting dalam menjaga stabilitas kamtibmas, karena resesi global dan inflasi pangan adalah ancaman nyata.

Baca Juga: Ini Lokasi dan Jadwal Pelayanan Pembayaran PBB Keliling di 11 Kecamatan Kota Kendari

Kondisi ini, menurut Antonius, memengaruhi stabilitas politik dan sosial dalam negeri sehingga Polri harus sigap. Begitu pun upaya mencegah disinformasi terkait pilkada untuk menjaga kerukunan masyarakat.

“Tantangan kita ke depan tidak mudah, terutama menghadapi ekonomi dan sosial dalam negeri, resesi melanda negara-negara besar serta inflasi pangan melanda dunia,” ungkap Antonius, melalui keterangan tertulis yang diterima telisik.id, Jumat (6/9/2024).

Sesuai arahan Kapolri Jenderal Listyo Sigit Prabowo, kata Antonius, Polri berkomitmen untuk selalu menjadi organisasi pembelajar yang adaptif hingga terus profesional di tengah-tengah perkembangan ilmu pengetahuan dan teknologi sebagai nilai dari Polri Presisi.

Untuk tetap menjaga situasi kamtibmas tetap damai dan kondusif, Antonius mengingatkan perlunya penguatan Bhabinkamtibmas (Bhayangkara Pembina Kamtibmas) di setiap desa/kelurahan.

Baca Juga: Cepat Rusak, Gerbang Toronipa-Kendari Ternyata Terbuat dari Bahan GRC Bukan Beton

Bhabinkamtibmas, kata Antonius, sebagai security assesor (penilai keamanan) bagi masyarakat dan lingkungan dengan memetakan potensi gangguan dan melakukan pencegahan.

“Kita harus bergerak sebelum orang lain berpikir, serta jangan menunggu ancaman menjadi kenyataan,” tegas Antonius.

Rakernis dihadiri oleh para Kasat Binmas, Kanit Binmas, dan Bhabinkamtibmas. (C-Adv)

Penulis: Ahmad Jaelani

Editor: Mustaqim

 

* BACA BERITA TERKINI LAINNYA DI GOOGLE NEWS

Baca Juga