BLT BBM Mulai Disalurkan, Warga Serbu Kantor Pos

Sumarlin, telisik indonesia
Kamis, 08 September 2022
0 dilihat
BLT BBM Mulai Disalurkan, Warga Serbu Kantor Pos
Penyaluran BLT BBM di Kota Kendari dimulai. Sebanyak 16.258 KPM akan menerima kompensasi kenaikan BBM ini. Warga akan menerima bantuan Rp 500 ribu, terdiri dari BLT BBM Rp 300 ribu dan BPNT Rp 200 ribu. Foto: Sumarlin/Telisik

" Pemerintah Kota Kendari meluncurkan BLT BBM setelah pemerintah pusat menetapkan kenaikan harga BBM per 3 September 2022 "

KENDARI, TELISIK.ID - Ratusan warga Kecamatan Wua-wua memadati kantor PT. Pos Indonesia untuk mencairkan Bantuan Langsung Tunai (BLT) kompensasi kenaikan harga Bahan Bakar Minyak (BBM) tahap pertama sebesar Rp 300 ribu selama dua bulan dan bantuan sosial sembako  sebesar Rp 200 ribu untuk bulan September.

Warga Kelurahan Bonggoeya, Mariani mengaku datang ke Kantor Pos Cabang Utama Kendari di Jalan A Yani Kelurahan Anawai sejak pukul 07.00 Wita atas arahan ketua RT-nya untuk mengambil BLT BBM tahap pertama.

"Alhamdulillah pak kita bersyukur bisa dapat bantuan, meskipun jumlah tidak banyak tapi bisa membantu kami memenuhi kebutuhan hidup beberapa hari. Apalagi pendapatan kami tidak jelas," kata pembuat sapu ini.

Menurutnya, usaha yang dia geluti selama ini bersama keluarganya dengan membuat sapu lidi, pendapatannya semakin tidak menentu.

Hari ini, Kamis (8/9/2022) Pemerintah Kota Kendari meluncurkan BLT BBM setelah pemerintah pusat menetapkan kenaikan harga BBM per 3 September 2022. BLT BBM ini akan disalurkan bersama bantuan sosial sembako  reguler atau Bantuan Pangan Nonton Tunai (BPNT) dengan total bantuan Rp 500 ribu.

Baca Juga: Lonjakan Harga Ayam di Tengah Kenaikan BBM

Wali Kota Kendari Sulkarnain Kadir menjelaskan, Keluarga Penerima Manfaat (KPM) BLT BBM Kota Kendari merupakan data yang telah diverifikasi oleh Dinas Sosial. Mereka akan menerima bantuan BLT BBM untuk bulan September dan Oktober, sementara bantuan BPNT untuk bulan September.

"Mudah-mudahan nanti untuk bulan November dan Desember bisa tersalurkan lagi bahkan kalau dalam prosesnya nanti ada data yang menyusul ini masih dimungkinkan untuk kita usul lagi," ujar wali kota.

Pasangan Siska Karina Imran ini berharap  masyarakat penerima bantuan menggunakan bantuan ini dengan bijak untuk kebutuhan keluarga.

Untuk dana pendamping sebesar 2,5 persen pemerintah Kota Kendari masih menunggu petunjuk teknisnya sebelum merealisasikan bantuan itu.

Sementara itu, Kepala Kantor Pos Sultra Wildan Hamdani menjelaskan, penyaluran BLT BBM tahap pertama ini, rencananya akan dilakukan hingga tanggal 13 September 2022. Untuk mengurangi penumpukan warga, PT Pos memperbanyak jumlah loket pembayaran serta membagi jadwal waktu penerimaan sesuai kelurahan.

Baca Juga: Sebulan Lagi Turun Takhta, Sulkarnain Pilih Fokus Tuntaskan Tugas

"Kami imbau kepada KPM untuk mematuhi jadwal yang kami sudah share (bagi) melalui kelurahan dan Dinsos sehingga KPM bisa terlayani dengan baik," ungkapnya.

Dia menambahkan, setelah jadwal utama berakhir, PT. Pos masih tetap memberi pelayanan pada KPM yang berhalangan datang. PT. Pos juga akan mengantarkan langsung bantuan tersebut ke rumah warga yang berhalangan datang karena kesehatan atau penyandang disabilitas.

Untuk diketahui, jumlah penerima BLT BBM di Sulawesi Tenggara sebanyak 189.248 KPM sedangkan Kota Kendari sebayak 16.258 KPM.  (A)

Penulis: Sumarlin

Editor: Haerani Hambali

TAG:
Baca Juga