BMI Muna Barat Warning ASN Tak Terlibat Politik Praktis

Putri Wulandari, telisik indonesia
Sabtu, 22 Juni 2024
0 dilihat
BMI Muna Barat Warning ASN Tak Terlibat Politik Praktis
Ketua BMI Muna Barat menekankan agar seluruh ASN Muna Barat tetap menjaga netralitas di pilkada mendatang. Foto: Putri Wulandari/Telisik

" Tensi politik yang tinggi jelang Pilkada 2024 mendatang, BMI Muna Barat turut warning seluruh ASN untuk menjaga netralitas serta tak terlibat dalam politik praktis "

MUNA BARAT, TELISIK.ID - Tensi politik yang tinggi jelang Pilkada 2024 mendatang, BMI Muna Barat turut warning seluruh ASN untuk menjaga netralitas serta tak terlibat dalam politik praktis.

Pelaksanaan Pilkada mendatang akan menjadi tantangan bagi pemerintah daerah dalam menjaga kepercayaan masyarakat.

Untuk itu, Ketua BMI Muna Barat, La Ode Harlan Sadia mengatakan bahwa terjaganya netralitas ASN sebagai bentuk atau tolak ukur masyarakat dalam mempercayai pemerintah daerah.

Hal ini juga berdasarkan Pasal 9 Undang-Undang ASN No 5 tahun 2014, serta surat keputusan bersama yang dikeluarkan oleh pemerintah agar ASN tetap menjaga netralitas dalam pilkada serentak.

Baca Juga: Dapat Rekomendasi Partai NasDem, La Ode Darwin Kantongi 14 Kursi Menuju Pilkada Muna Barat

Tak hanya itu, ASN lingkup pemerintah daerah juga telah menandatangani pakta integritas pilkada 2024 mendatang, sehingga ia berharap agar penandatanganan itu bukan hanya dilakukan di atas kertas semata, tetapi dapat diimplementasikan dengan sebaik-baiknya.

Selanjutnya, ia juga berharap pada pelaksanaan Pilkada serentak ini masyarakat tetap mempromosikan calon dukungan dengan visi-misi untuk kemajuan Muna Barat tanpa menimbulkan isu suku, agama, dan ras.

"Mari kita hadapi Pilkada serentak ini dengan tujuan membangun Muna Barat ke depan dengan tidak menebarkan isu yang dapat memecah belah masyarakat kita," ujarnya, Sabtu (22/6/2024).

Sebelumnya, terkait netralitas di Pilkada mendatang, Pj Bupati Muna Barat telah menekankan agar ASN serta perangkat desa tidak terlibat dalam politik praktis sebagai komitmen dalam menjaga dan menegakkan prinsip netralitas ASN dalam melaksanakan fungsi pelayanan publik, selama pelaksanaan Pilkada 2024.

Hal ini juga untuk menghindari konflik kepentingan, tidak melayani praktik-praktik intimidasi dan ancaman kepada ASN dan seluruh masyarakat serta tidak memihak pada pasangan calon tertentu.

Selanjutnya, tidak menyebarkan ujaran kebencian serta berita bohong dan menolak politik yang segala pemberian dalam bentuk apapun.

Baca Juga: PKS Beri Rekomendasi Tina Nur Alam Sebagai Bacalon Gubernur Sulawesi Tenggara 2024-2029

“Untuk itu, seluruh ASN lingkup Pemda Muna Barat dapat menunjukkan bahwa jadi pelayan yang baik," ujarnya.

Pelayanan itu kepada seluruh lapisan masyarakat dan dapat menjaga suasana kondusif dukungan kerja, netralitas dalam pemilihan kepala daerah adalah amanah yang harus dijaga.

Untuk itu, Pemerintah Kabupaten Muna Barat mengeluarkan surat edaran bupati Muna Barat 200.2.1/92/2023 tentang Netralitas Aparatur Sipil Negara pada Pemilu tahun 2024.

Sehingga, ia mengingatkan kembali kepada seluruh ASN di lingkup kabupaten Muna Barat agar selalu bersikap netral jelang pilkada serentak pada tanggal 27 november mendatang. (C)

Penulis: Putri Wulandari

Editor: Fitrah Nugraha

 

* BACA BERITA TERKINI LAINNYA DI GOOGLE NEWS

Baca Juga