BMKG Deteksi Wilayah Ini Masuk Peringatan Dini Cuaca di Sulawesi Tenggara

Hamka Dwi Sultra, telisik indonesia
Kamis, 15 April 2021
0 dilihat
BMKG Deteksi Wilayah Ini Masuk Peringatan Dini Cuaca di Sulawesi Tenggara
Ilustrasi thunderstorm. Foto: Repro Google.com

" Sedangkan, wilayah yang berpotensi hujan sedang yang dapat disertai guntur dan angin kencang adalah Kolaka Utara dengan perkiraan waktu malam hari. "

KENDARI, TELISIK.ID - Badan Meteorologi, Klimatologi dan Geofisika (BMKG) Stasium Meteorologi Maritim Kendari, mendeteksi beberapa wilayah di Sulawesi Tenggara (Sultra) masuk peringatan dini cuaca dari tanggal 15-16 April 2021.

Plh. Koordinator Observasi dan Informasi Stasium Meteorologi Maritim Kendari, Faizal Habibie mengungkapkan bahwa berdasarkan data, wilayah yang masuk peringatan dini itu adalah Kolaka Utara, Konawe dan Konawe Utara.

Dimana, wilayah yang berpotensi thunderstorm atau guntur per tanggal 15 April 2021 adalah Konawe dengan perkiraan waktu siang hari.

"Sedangkan, wilayah yang berpotensi hujan sedang yang dapat disertai guntur dan angin kencang adalah Kolaka Utara dengan perkiraan waktu malam hari," kata Faizal Habibie kepada Telisik.id, Kamis (15/4/2021).

Sementara pada tanggal 16 April 2021, BMKG mendeteksi wilayah Konawe kembali masuk peringatan dini cuaca yang berpotensi thunderstorm atau guntur.

Baca Juga: Pemda Diminta Tingkatkan Kewaspadaan Hadapi Perubahan Cuaca Ekstrem

"Selain itu, wilayah Konawe Utara terdeteksi berpotensi thunderstorm atau guntur. Dengan perkiraan waktu di siang hari," ujarnya.

Untuk diketahui, anomali suhu muka laut di perairan sekitar wilayah Sultra yang dapat meningkatkan potensi penguapan atau penambahan massa uap air.

Massa udara basah lapisan rendah dan indeks labilitas kuat skala lokal terkonsentrasi di wilayah Sultra.

Faktor faktor tersebut yang dapat meningkatkan potensi pembentukan awan hujan. (B)

Reporter: Hamka Dwi Sultra

Editor: Haerani Hambali

TAG:
Baca Juga