BNPT Bidik Daerah di Jatim Pilot Project Cegah Terorisme

Try Wahyudi Ary Setyawan, telisik indonesia
Kamis, 18 November 2021
0 dilihat
BNPT Bidik Daerah di Jatim Pilot Project Cegah Terorisme
BNPT saat menemui Gubernur Jatim di Surabaya. Foto: Ist.

" Sejumlah daerah di Jatim disiapkan untuk Kawasan Khusus Terpadu Nusantara (KKTN) dalam upaya untuk pencegahan terorisme serta reintegrasi eks napiter "

SURABAYA, TELISIK.ID - Sejumlah daerah di Jatim disiapkan untuk Kawasan Khusus Terpadu Nusantara (KKTN) dalam upaya untuk pencegahan terorisme serta reintegrasi eks napiter.

Beberapa daerah tersebut yaitu Kota Surabaya, Kabupaten Malang, Lamongan, Sidoarjo, Kabupaten Probolinggo dan Magetan.

“Pilot Projectnya saat ini di Kabupaten Malang, sedangkan daerah lainnya sedang disiapkan,” ungkap Kepala Badan Nasional Penanggulangan Terorisme (BNPT) Komjen Boy Rafli Amar saat di Surabaya, Kamis (18/11/2021).

Baca Juga: Harga Pupuk Mahal dan Langka, Polisi Segera Selidiki Penyebabnya

Mantan Kapolres Pasuruan ini mengatakan, kawasan tersebut bertujuan untuk meningkatkan kesejahteraan kelompok rentan terpengaruh paham terorisme dan mantan narapidana teroris (napiter).

Menurutnya, program KKTN ini dilakukan melalui beberapa bidang seperti pertanian, perkebunan dan peternakan.

“Ke depan kami akan terus mengusung program ini baik berupa program fisik seperti pembangunan rusunawa maupun non fisik seperti peningkatan wawasan kebangsaan. Sehingga negara hadir di tengah mereka bagaimana mereka pada akhirnya bisa merasakan manfaat,” katanya.

KKTN, kata mantan Kapolda Papua ini, merupakan salah satu bentuk upaya penanggulangan terorisme melalui pendekatan lunak (soft approach) yang mengedepankan kesejahteraan.

KKTN ini bertujuan mendorong kemajuan pembangunan dan perekonomian daerah sehingga mampu meningkatkan kesejahteraan masyarakat yang pada akhirnya mampu meminimalisasi gerakan radikal terorisme.

Baca Juga: Pemkab Butur Gelar Apel Gabungan Pengamanan Festival Seni Qasidah

“Program KKTN ini dilakukan melalui pemberdayaan sektor baik pertanian, perkebunan, maupun peternakan. Di Kabupaten Malang, BNPT menggandeng Perhutani melalui MoU sinergitas pencegahan tindak pidana terorisme melalui kerjasama pemanfaatan hutan yakni di Desa Duwet Krajan, Kecamatan Tumpang dan Desa Wonosari, Kecamatan Wonosari, Kabupaten Malang,” tutupnya. (C)

Reporter: Try Wahyudi Ari Setyawan

Editor: Fitrah Nugraha

Artikel Terkait
Baca Juga