Bobol Jeruji Besi, Enam Tahanan Kasus Narkotika dan Pencurian Kabur dari Penjara

Reza Fahlefy, telisik indonesia
Kamis, 17 November 2022
0 dilihat
Bobol Jeruji Besi, Enam Tahanan Kasus Narkotika dan Pencurian Kabur dari Penjara
Kabid Humas Polda Sumatera Utara, Kombes Pol Hadi Wahyudi ketika memberikan keterangan kepada sejumlah awak media di ruangan kerjanya, Kamis (17/11/2022). Foto: Reza Fahlefy/Telisik

" Enam orang tahanan melarikan diri dari ruang tahanan Markas Polres Toba, Polda Sumatera Utara. Mereka terlibat beberapa kasus, di antaranya narkotika dan pencurian dengan pemberatan "

MEDAN, TELISIK.ID - Enam orang tahanan melarikan diri dari ruang tahanan Markas Polres Toba, Polda Sumatera Utara. Mereka terlibat beberapa kasus, di antaranya narkotika dan pencurian dengan pemberatan.

Adapun enam tahanan yang melarikan diri itu adalah Dennis Grantino Sibuea (30), Monray Sibarani dan Jumadi Tambunan yang terjerat atas kasus narkotika. Selanjutnya Rebana Mardova Lubis (19), Janter Hot Marihot dan Lorensus Sitorus yang terjerat kasus pencurian.

Informasi yang diperoleh, ke enam tahanan yang berhasil kabur setelah membobol ruangan jeruji besi. Sejauh ini kasus itu masih dalam penyelidikan untuk dilakukan penangkapan.

Baca Juga: Orang Dalam Gangguan Jiwa Aniaya Penumpang Kapal Cepat Express Bahari 5E

Kabid Humas Polda Sumatera Utara, Kombes Pol Hadi Wahyudi membenarkan adanya adanya tahanan yang kabur. Polisi masih memburu pelaku yang telah melanggar tindak pidana.

"Fokus kami masih mengejar dan menangkap para tahanan yang kabur. Setelah itu nanti kami menyelidiki kenapa para tahanan bisa kabur," ucap Hadi.

Diakui Hadi, tahanan itu kabur Rabu 16 November 2022 malam. Namun usai melarikan diri, empat orang ditangkap kembali.

"Setelah ditangkap, mereka kembali dijebloskan ke rumah tahanan kembali atau ke dalam penjara atau sel tahanan," katanya.

Menurut dia, ke empat tahanan yang kabur dari sel Polres Toba itu ditangkap di wilayah Kabupaten Toba.

"Mereka ditangkap belum jauh dari pelarian, masih seputaran Toba," terangnya.

Terpisah, Kasi Humas Polres Toba, Iptu Bungaran Samosir menambahkan, tim penyelidik sudah melakukan pencarian terhadap tahanan yang kabur.

"Awalnya, memang empat orang yang diamankan kembali. Tapi tadi pagi, sekira pukul 02:00 WIB, satu orang lagi telah diamankan kembali. Jadi sudah 5 orang yang diamankan," ungkapnya.

Baca Juga: 2 Siswi MTs Diduga Dicabuli Oknum Guru Dilapor Polisi

Satu orang ini diamankan di seputaran Kabupaten Tapanuli Utara. Tim dari Polres Toba dan Tapanuli Utara bekerja sama dengan Polda Sumatera Utara.

"Kemungkinan, hari ini tahanan ini sampai ke Toba. Setelah sampai nanti, dia akan kami jebloskan ke ruangan tahanan. Tahanan yang dirusak itu, sudah diperbaiki," ucapnya.

Dikatakan Bungaran, tahanan yang kabur tinggal satu orang lagi. Dia adalah Lorensus Sitorus kasus tindak pidana pencurian. Pemuda ini merupakan warga Kabupaten Toba.

"Ini masih diburu, kami yakin bisa menangkapnya kembali. Kami juga meminta agar tahanan yang kabur ini mau menyerahkan diri. Kami juga mengimbau kepada keluarga tahanan, untuk memberikan informasi terkait keberadaan Lorensus," terangnya. (B)

Penulis: Reza Fahlefy

Editor: Kardin

* BACA BERITA TERKINI LAINNYA DI GOOGLE NEWS

Baca Juga