adplus-dvertising

Bocah Meninggal Diduga Tenggelam di Kubangan Bekas Galian Tambang Emas

Hir Abrianto, telisik indonesia
Selasa, 01 Juni 2021
1427 dilihat
Bocah Meninggal Diduga Tenggelam di Kubangan Bekas Galian Tambang Emas
Kubangan bekas galian emas tempat tenggelamnya bocah di Bombana. Foto: Hir/Telisik.

" Waktu kejadian saya lagi di Kasipute, hanya saja dari keterangan warga anak itu ditemukan di kubangan belakang rumah neneknya. "

BOMBANA, TELISIK.ID - Seorang bocah laki-laki yang diperkirakan berusia 6 tahun meninggal dunia, akibat tenggelam di kubangan bekas galian tambang emas di Desa Wumbubangka, Kecamatan Rarowatu Utara, Bombana.

Menurut keterangan warga setempat, bocah tersebut merupakan anak dari pasangan suami istri sahid dan eto. Bocah ditemukan mengapung di kubangan belakang rumah neneknya pada Jumat, 28 Mei 2021 lalu.

Awalnya, Telisik.id mendapatkan informasi peristiwa duka itu melalui postingan media sosial, akun Facebook bernama Taufikputrayasrib.


Dalam video berdurasi 56 detik itu, terlihat tubuh anak laki-laki dengan kondisi lemas diangkat beberapa orang, sementara ibu kandungnya tengah duduk menangis meratapi anaknya yang tak sadarkan diri.

Untuk mengumpulkan data lebih lanjut, Telisik.id meninjau langsung ke lokasi kejadian hari ini, Selasa (1/6/2021). Di lokasi, tim mencoba berbincang dengan salah satu warga yang berada dalam video viral tersebut. Namun, pria itu enggan menyebut identitasnya dan memberikan sedikit keterangan.

Baca juga: Warga Buton Tewas Tertimbun Tanah Longsor

Baca juga: Terseret Arus Saat Berenang di Tepi Laut Kolut, Dua Meninggal dan Satu Belum Ditemukan

"Sebelum pergi salat Jumat saya masih lihat itu anak dia lari-lari. Saya pulang dari masjid, mamanya sedang cari anaknya dan saya langsung pergi makan di rumah. Tidak lama terdengar ramai di luar, ternyata itu mi anak yang sementara diurus, katanya ditemukan di kubangan bekas penambangan emas belakang rumah neneknya," jelasnya sambil menunjukan tepat kejadian.

Usai kejadian, kubangan bekas galian emas itu langsung dipagari. Sementara, menurut keterangan pemerintah setempat, Kepala Dusun I Desa Wumbubangka, Kasman, saat ditemui di kediamannya membenarkan kejadian tersebut.

"Waktu kejadian saya lagi di Kasipute, hanya saja dari keterangan warga anak itu ditemukan di kubangan belakang rumah neneknya," ucap Kasman.

Kasman menjelaskan, anak itu adalah putra warga Desa Watu-Watu yang datang berkunjung di rumah neneknya.

Sementara itu, awak media beberapa kali menghubungi pihak kepolisian namun belum ada yang siap memberikan informasi terkait peristiwa tersebut.

Berdasarkan pantauan Telisik.id, sejumlah area pemukiman warga dan sekitar jalan raya di kelilingi oleh kubangan bekas galian para penambang emas. Dimana, tumpukan tanah bekas galian terlihat di mana-mana. (A)

Reporter: Hir Abrianto

Editor: Fitrah Nugraha

TAG:
Baca Juga