adplus-dvertising

Bocah SD Ini Jualan Keliling di Pantai Toronipa demi Bantu Keluarga

Wa Ode Sunaimi Rahman, telisik indonesia
Senin, 26 September 2022
514 dilihat
Bocah SD Ini Jualan Keliling di Pantai Toronipa demi Bantu Keluarga
Rahma, bocah kelas 3 SD jualan gogos dan sate pokea keliling di Pantai Toronipa. Foto: Wa Ode Sunaimi/Telisik

" Hari Minggu yang biasanya digunakan anak lain untuk bermain atau rekreasi bersama keluarga, bagi Rahma justru hari untuk bekerja "

KENDARI,TELISIK.ID – Bocah SDN 1 Muara Sampara, Kecamatan Kapoiala, Kabupaten Konawe, terpaksa harus jualan sate pokea dan gogos untuk membantu keluarganya.

Rahma nama bocah kelas 3 SD itu. Ia anak ke-6 dari 7 bersaudara. Jualan sate pokea dan gogos harus dilakoninya karena dia sadar, keluarganya bukan orang berpunya.

Hari Minggu yang biasanya digunakan anak lain untuk bermain atau rekreasi bersama keluarga, bagi Rahma justru hari untuk bekerja. Dia harus menahan panas terik matahari, pun beratnya beban gogos dan sate pokea yang dibawanya.


Bocah Perempuan asal Batu Gong ini menghabiskan waktunya untuk berjualan keliling. Alasannya tak lain ingin membantu ekonomi keluarga.

Baca Juga: Suara Emas Penyandang Tuna Netra

Dia biasanya berjualan mulai pukul 6 pagi sampai pukul 4 sore. Dari rumah ke pantai, ia diantar oleh orang tuanya. Setelah waktu menunjukkan pukul 4 sore, ia akan pulang kembali ke rumahnya di Batu Gong.

"Iya saya berangkat jam 6 pagi dan pulang sore sekitar jam 4. Mamaku juga jualan, tapi di kota," ucapnya.

Baca Juga: Jual Pisang hingga Larut Malam demi Hidupi 8 Anak

Selain Rahma, sang ibu juga berjualan di Kota Kendari dengan jualan yang sama yaitu sate pokea dan gogos. Hasil jualan yang diperoleh Rahma terkadang banyak, kadang juga sangat sedikit.

Baginya, panas terik matahari di siang hari bukanlah penghalang dan tidak mengurangi semangatnya untuk berjualan menyusuri Pantai Toronipa.

Harapannya, dia bisa terus bersekolah di sela waktunya berjualan. Biar kelak bisa menjadi orang sukses dan mengangkat derajat keluarganya. (A)

Penulis: Wa Ode Sunaimi Rahman

Editor: Haerani Hambali

Baca Juga