adplus-dvertising

Bom Bunuh Diri Hancurkan Masjid di Afghanistan, 100 Orang Tewas

Ibnu Sina Ali Hakim, telisik indonesia
Sabtu, 09 Oktober 2021
675 dilihat
Bom Bunuh Diri Hancurkan Masjid di Afghanistan, 100 Orang Tewas
Milisi Taliban melakukan investigasi di dalam masjid Syiah setelah serangan bom bunuh diri di Kunduz, Afghanistan. Foto: Repro AFP

" Bom bunuh diri menyerang masjid kota Kunduz Afghanistan, menewaskan sekitar 100 orang di tengah salat Jumat. "

KUNDUZ, TELISIK.ID - Bom bunuh diri menyerang masjid kota Kunduz Afghanistan, menewaskan sekitar 100 orang di tengah salat Jumat (8/10/2021).

Melansir Al Jazeera, bom bunuh diri tersebut merupakan serangan bom terburuk di Afghansitan sejak Taliban berkuasa pada Agustus.

Rekaman video pada Jumat menunjukkan puluhan mayat terjebak di tengah reruntuhan Masjid Gozar-e-Sayed Abad, yang digunakan orang-orang dari minoritas komunitas Muslim Syiah.


Saat ini angka pasti jumlah korban belum dapat terkonfirmasi dengan pasti. Sebuah badan PBB mengatakan, bom bunuh diri menewaskan dan melukai lebih dari 100 orang.

"Informasi awal menunjukkan lebih dari 100 orang tewas dan terluka dalam ledakan bunuh diri di dalam masjid," kata misi PBB untuk Afghanistan dalam sebuah tweet, dilansir dari Kompas.com.

Baca juga: Gadis Cantik Asal Kolaka Wakili Sultra di Ajang Puteri Indonesia 2021-2022

Baca juga: Zainal Mustamin Dilantik Jadi Kepala Kanwil Kemenag Sultra

Dost Mohammad Obaida, wakil ketua polisi untuk Provinsi Kunduz mengatakan bahwa setidaknya 100 orang tewas dan terluka dalam serangan bom bunuh diri di Masjid Gozar-e-Sayed Abad saat salat Jumat.

Obaida mengatakan, dari 100 orang itu "mayoritas mereka ditemukan tewas".

“Saya meyakinkan saudara-saudara Syiah kami bahwa Taliban siap untuk memastikan keselamatan mereka,” kata Obaida, menambahkan bahwa penyelidikan atas serangan bom bunuh diri sedang berlangsung.

Menurut Hashem Ahelbarra dari Al Jazeera, media yang mengutip pejabat keamanan telah melaporkan bahwa ledakan itu sebagai "serangan bom bunuh diri".

“Seorang pembawa bom bunuh diri berhasil masuk ke masjid Syiah pada tengah hari Jumat di Kunduz, meledakkan dirinya sendiri dan ini menjelaskan tingginya jumlah korban,” kata Ahelbarra, melaporkan dari kota utara Mazar-i-Sharif.

Dilansir dari Cnnindonesia, kelompok ISIS-K terus menggencarkan serangan setelah Taliban menguasai Afghanistan dari pemerintahan sebelumnya. Kelompok ISIS-K dilaporkan mempunyai markas di Provinsi Nangarhar dan Provinsi Khorasan.

Serangan bom di masjid di Kabul itu menjadi yang pertama setelah pada Agustus lalu kelompok ISIS-K menyatakan bertanggung jawab atas serangan bom di Bandara Internasional Hamid Karzai, yang menewaskan 169 warga Afghanistan dan 13 anggota Korps Marinir Amerika Serikat. (C)

Reporter: Ibnu Sina Ali Hakim

Editor: Haerani Hambali

Baca Juga