Budidaya Ikan Lele Jadi Peluang Bisnis Mahasiswa

Ahmad Sadar, telisik indonesia
Minggu, 10 Januari 2021
0 dilihat
Budidaya Ikan Lele Jadi Peluang Bisnis Mahasiswa
Hidayat (23) mahasiswa asal UHO yang nyambi menjadi pengusaha Ikan Lele. Foto: Sadar/Telisik

" Dengan senyum ramah yang tercemin di wajahnya, pria yang berusia 23 ini dengan sukarelah menjelaskan modal awal dalam merintis usahanya. "

KENDARI, TELISIK.ID - Selain menjalani aktifitasnya sebagai seorang mahasiswa, Hidayat juga nyambi dengan mencoba peruntungannya dalam membudidayakan ikan lele yang baru saja diritisnya itu.

Lahan yang dipakainya untuk membudidayakan ikan itu pun berada tepat di halaman depan tempat tinggalnya, yakni di Kelurahan Andonuhu, Kecamatan Poasia, Kota Kendari.

Dari pantauan Telisik.id, Sabtu (09/01/2021) sekira pukul 09:30 pagi, mahasiswa asal Universitas Halu Oleo Kota Kendari ini tampak sibuk mengurusi usaha ikan lelenya saat itu.

Tim Telisik.id pun mencoba menghampirinya dengan maksud mewawancarai perihal bisnisnya tersebut.

"Pagi, Mas," sapa Hidayat kepada Telisik.id yang kalah itu baru saja selesai memberikan makanan kepada ikan lele peliharaannya.

Dengan senyum ramah yang tercemin di wajahnya, pria yang berusia 23 ini dengan sukarelah menjelaskan modal awal dalam merintis usahanya.

"Awal pembelian bibitnya ini hanya bermodalkan Rp 100 ribu saja, jumlah ikan lelenya hanya berkisar seratus ekor," tuturnya Hidayat.

Baca juga: Menelisik Cerita Fiktif La Bolontio hingga Intervensi Ternate terhadap Buton

Kemudian, pembuatan kolam untuk menampung ikan lele yang dibudidayakanya pun tergolong sederhana, yakni hanya berkedalaman 1,2 Meter dengan panjang dan lebarnya berukuran 3x2 meter.

Dayat yang juga mahasiswa asli perantau dari pulau Muna ini mengaku, budidaya ikan lele yang ditekuninya itu sudah berjalan sebulan lamanya.

Dia juga belum memanen hasilnya, oleh sebabnya ia berharap usaha lelenya tersebut dapat terus berkembang.

Selain itu rencananya, Mahasiswa semeter akhir ini akan memperbanyak kolam Lele agar usahanya semakin maju dan membukakan lapangan pekerjaan bagi masyarakat Indonesia.

Reporter: Ahmad Sadar

Editor: Fitrah Nugraha

TAG:
Baca Juga