Bukan Hanya Sembuhkan Orang Sakit, Puskesmas Kandai Kendari Bisa Jadi Tempat Wisata

Andi Irna Fitriani, telisik indonesia
Rabu, 06 Juli 2022
0 dilihat
Bukan Hanya Sembuhkan Orang Sakit, Puskesmas Kandai Kendari Bisa Jadi Tempat Wisata
Puskesmas Kandai Kota Kendari, disebut selain sebagai tempat penyembuhan orang sakit, juga bisa dijadikan sebagai tempat wisata. Hal tersebut karena pemandangan yang bagus, serta berhadapan langsung dengan Jembatan Teluk Kendari. Foto: Andi Irna Fitriani/Telisik

" Pembangunan Puskesmas Kandai Kota Kendari yang di Kelurahan Dapu-Dapura, Kecamatan Kendari Barat, selain sebagai tempat penyembuhan orang sakit juga bisa dijadikan sebagai tempat wisata "

KENDARI, TELISIK.ID - Pembangunan Puskesmas Kandai Kota Kendari yang di Kelurahan Dapu-Dapura, Kecamatan Kendari Barat, selain sebagai tempat penyembuhan orang sakit juga bisa dijadikan sebagai tempat wisata.

Wali Kota Kendari, Sulkarnain Kadir mengatakan hal tersebut karena pemandangan yang bagus, serta berhadapan langsung dengan salah satu icon Kota Kendari, yakni Jembatan Teluk Kendari.

"Tidak banyak wilayah di Kota Kendari yang bisa punya view sebagus ini, jadi saya kira nantinya bukan hanya orang sakit yang akan datang, yang sehat pun akan datang untuk menikmati view yang sebagus ini," ujarnya.

Sulkarnain mengatakan, meski lokasi pembangunan puskesmas tersebut berada dekat dengan laut, akan tetapi pengelolaan limbahnya di jamin aman.

Karena kata dia, akan ada Instalasi Pengolahan Air Limbah (IPAL) dan semua fasilitas akan lengkap. Sehingga setelah pembangunan selesai, puskesmas terdekat sudah langsung difungsikan.

"Apalagi puskesmas ini hanya pemindahan saja, dari puskesmas yang sebelumnya ada di Gunung Potong kemudian kita pindahkan di sini," ungkapnya.

Tempat sama, Sekretaris Daerah Kota Kendari, Ridwansyah Taridala mengatakan, bahwa fasilitas Puskesmas Kandai ini nantinya terdiri ruang rawat jalan, ruang gawat darurat, ruang rawat inap, kebidanan dan penyakit kandungan, ruang poli, ruang farmasi.

"Kemudian ruang sterilisasi, laboratorium klinik, kantor dan administrasi, yang di lengkapi dengan dapur dan gizi," sebutnya.

Puskesmas Kandai tersebut dibangun di atas lahan seluas 1.242 m2 dan akan diselesaikan selama tahun anggaran 2022 dengan total  anggaran sebesar Rp 14,4 miliar.

Baca Juga: Kurang Sejam Diguyur Hujan, Rumah Warga Terendam Banjir

Sementara itu, Kepala Dinas Kesehatan Kota Kendari, Rahminingrum menambahkan, bahwa pembangunan Puskesmas Kandai merupakan relokasi dari puskesmas yang sudah ada.

Karena kata dia, puskesmas yang lama direncanakan akan terkena pembangunan jalan Kendari-Toronipa.

"Jadi sebelum di sana betul-betul dibongkar, kebetulan juga pemerintah kota ada rencana pembangunan puskesmas, sehingga di tempatkan lah Puskesmas Kandai ini di sini," ujarnya.

Baca Juga: Telan Anggaran Rp 200 Juta, Program Bisnis Center Bakal Diterapkan 2023

Lanjut, Puskesmas Kandai tersebut di desain dengan bangunan 2 lantai, dan dari sisi sarana prasarana di lengkapi dengan ruangan yang lebih lengkap. (A)

Penulis: Andi Irna Fitriani

Editor: Musdar

Baca Juga