Bukan Terdampar, Warga Rohingya ke Indonesia Sogok Orang Bangladesh Raup Untung hingga Miliaran Rupiah

Nur Khumairah Sholeha Hasan, telisik indonesia
Kamis, 07 Desember 2023
0 dilihat
Bukan Terdampar, Warga Rohingya ke Indonesia Sogok Orang Bangladesh Raup Untung hingga Miliaran Rupiah
Kedatangan warga Rohingya ke Indonesia kini terkuak, bukan karena terdamparf melainkan karena telah membayar pada orang Bangladesh berinisial HM (70) hingga raup untung Rp 3 miliar. Foto: Liputan6.com

" Kedatangan warga Rohingya ke Indonesia kini terkuak, bukan karena terdampar, melainkan karena telah membayar pada orang Bangladesh berinisial HM (70) hingga raup untung Rp 3 miliar "

KENDARI, TELISIK.ID - Kedatangan warga Rohingya ke Indonesia kini terkuak, bukan karena terdampar, melainkan karena telah membayar pada orang Bangladesh berinisial HM (70) hingga raup untung Rp 3 miliar.

HM ditangkap Polres Pidie karena diduga menyelundupkan 149 warga etnis Rohingya ke pesisir pantai Kecamatan Muara Tiga Kabupaten Pidie, Aceh. Mereka kedapatan mendarat pada 14 November 2023 sekitar pukul 11.30 WIB.

Aksi tersebut dilakukan bersama agen Z dan kapten S yang juga menyelundupkan rombongan pengungsi Rohingya sebanyak 147 orang hingga terdampar pada 15 November lalu di Kuala Gampong Pasi Beurandeh, Kecamatan Batee, Kabupaten Pidie.

Baca Juga: Digeruduk Warganet, Instagram Jokowi Dipenuhi Kolom Komentar Tolak Rohingya dan UNHCR

"HM merupakan kewarganegaraan Bangladesh yang telah memfasilitasi kapal kayu untuk mengangkut rombongan etnis Rohingya dari perairan Bangladesh," kata Kapolres Pidie AKBP Imam Asfali dilansir dari Liputan6.com, Kamis (7/12/2023).

Hingga kini, penyidik Reskrim Polres Pide masih memburu pelaku lainnya yang terlibat dalam kasus penyelundupan rombongan pengungsi Rohingya di Pidie, Aceh.

"Tiga pelaku lainnya melompat dari kapal dan lari ke hutan, masih diburu, tambah Imam.

Sementara itu, dilansir dari Cnnindonesia.com, dari hasil penyelidikan polisi, ketiga agen ini sengaja membawa pengungsi Rohingya ke Aceh untuk meraup keuntungan. Satu orang dewasa dibebankan biaya perjalanan Rp 14 juta. Sementara untuk anak-anak Rp 7 juta per orang.

Sehingga jika ditotalkan dari 341 orang pengungsi Rohingya yang mendarat pertama kali di Pidie, pelaku meraup keuntungan mencapai Rp 3,3 miliar.

Dari pantauan Telisik.id di media sosial, kedatangannya di Indonesia memang sudah direncanakan oleh etnis Rohingya sendiri, seperti video yang dibagikan di akun Instagram @Pembasmi.kehaluan.real yang diunggah pada 4 Desember 2023 yang kini dikomentari lebih dari 2000 warganet.

Dalam narasi video tersebut tertulis: Bukan terdampar, pengungsi Rohingya mengaku memang bertujuan ke Indonesia diberangkatkan oleh 'Middleman' dari Bangladesh. Ketika ditanya oleh warga kenapa bisa tau sedang berada di Indonesia jika memang terdampar. Pengungsi Rohingya bernama Deli Warsa mengaku ia memang bertujuan mengungsi ke Indonesia.

"Ada 'middleman' (perantara) yang mengantar kami menggunakan speedboat kemarin. Setelah itu dia pergi." kata Deli Warsa. Menurut Deli, jika diizinkan pemerintah Indonesia, adik, kakak, paman, sepupu dan seluruh keluarganya akan menyusul mengungsi ke Indonesia.

Sejak bulan november, sudah ada 6 kapal pengungsi Rohingya yang mendarat di Aceh. Rinciannya 3 kapal di Kabupaten Pidie, 1 kapal di Bireun, dan 2 kapal di Sabang. Keseluruhan dipastikan lebih dari 1.200 pengungsi yang sudah mendarat di Aceh hingga hari Minggu (3/11/2023).

Baca Juga: Ramai Ditolak Masyarakat Indonesia, Ma'ruf Amin Justru Sediakan Pulau di Riau untuk Pengungsi Rohingya

Salah satu pengungsi Rohingnya lainnya asal Bangladesh bernama Muhammad Idris (40) mengatakan saat ini masih ada 6 rombongan kapal lagi di lautan yang sedang menuju Indonesia.

Banyak dari warganet mempertanyakan siapa dalang dibaliknya, bahkan tak sedikit menyebut jika UNHCR Indonesia adalah kaki tangan pengungsi Rohingya masuk ke Indonesia. Dalam beberapa komentar lain menyebut jika pengungsi Rohingya perlu diusir karena akan berdampak buruk bagi Indonesia, seperti yang terjadi di Malaysia beberapa waktu lalu, dimana warga Rohingya meminta tanah pada pemerintah setempat.

Akun Instagram @fitrilaurenziaa menyebut: "Awas nanti kaya israel ngungsi ngungsi trs ngejajah" dengan emot sedih. Akun Instagram lainnya @helendelia: "Ibarat orang udah gak mau sama rumahnya, maunya dirumah orang aja tapii gratis dan serasa milik sendiri" keluhnya. Dan adapula yang men-tag akun Menteri Luar Negeri seperti akun @hna.mrinda: "Ibu @retno_marsudi macem mana nih buk," tulisnya dengan emot menangis. (C)

Penulis: Nur Khumairah Sholeha Hasan

Editor: Kardin

 

* BACA BERITA TERKINI LAINNYA DI GOOGLE NEWS

Baca Juga