Buket Bunga Jadi Pilihan Usaha Mahasiswa

Wa Ode Ria Ika Hasana, telisik indonesia
Kamis, 08 Juni 2023
0 dilihat
Buket Bunga Jadi Pilihan Usaha Mahasiswa
Buket bunga jadi peluang usaha bagi para mahasiswa yang ingin menambah penghasilan sambil kuliah. Foto: Wa Ode Ria Ika Hasana/Telisik

" Bingkisan bunga yang dikemas dengan indah dan rapi atau buket bunga, jadi salah satu bisnis kreatif yang cukup banyak diminati anak muda "

KENDARI, TELISIK.ID - Saat ini banyak anak muda yang ingin membuka usaha karena peluangnya yang sangat besar. Mulai dari usaha kecil yang potensinya besar tetapi dengan modal kecil dan keuntungan besar, seperti bisnis bingkisan atau karangan bunga.

Bingkisan berupa karangan bunga biasanya diinginkan oleh sebagain orang sebagai hadiah atas pencapaiannya. Bingkisan bunga yang dikemas dengan indah dan rapi atau buket bunga, jadi salah satu bisnis kreatif yang cukup banyak diminati anak muda, apalagi mahasiswa karena peluang usahanya cukup potensial.

Mahasiswa biasanya membutuhkan buket bunga sebagai hadiah untuk temannya yang baru saja lulus. Hadiah buket bunga lebih praktis karena hanya dipesan secara online dengan harga yang relatif murah dan cocok di kantong mahasiswa.

Seorang mahasiswa di Kota Kendari, Sahul Jahra Sonitro, memilih mencari uang tambahan dengan memanfaatkan kreatifitasnya membuka usaha buket bunga bersama saudranya. Mahasiswa biasanya kerap dihadirkan dengan pembayaran mendadak, seperti biaya untuk mengerjakan tugas, untuk kegiatan organisasi, dan masih banyak lagi. Sehingga membuka usaha bisa membantu meringankan beban orang tua yang harus menanggung biaya kuliah tiap semester.

Baca Juga: Pencucian Kendaraan jadi Usaha Mahasiswa Ini Penuhi Kebutuhan

“Karena melihat banyak mahasiswa yang mencari buket bunga untuk hadiah, jadi saya kepikiran untuk buka usaha ini. Kebetulan saya juga cukup bisa merangkai bunga-bunga untuk jadi buket, dari pada harus santai-santai tunggu kiriman dari orang tua, lebih baik saya buka usaha sambil kuliah,” ujar Sahrul, Kamis (8/6/2023).

Dia membuka usaha buket bunga dengan nama urgift.kdi di jalan Mt Haryono, tepatnya di pertigaan kampus UHO Kendari yang menyediakan berbagai jenis buket bunga yang bisa jadi pilihan.

Baca Juga: Iseng Buat Buket Bunga, Gadis Ini Akhirnya Punya Toko Sendiri

Sementara itu, pelaku bisnis buket bunga lainnya, Andi Masrin mengatakan, usaha buket bunga jadi peluang usaha yang sanagt menjanjikan karena modalnya yang tidak terlalu banyak dan bisa dikerjakan sembari kuliah. Banyaknya permintaan buket bunga membuat dirinya terus menjalankan usaha ini.

“Saya buka usaha ini semenjak kuliah semester 8 sambil menyusun skripsi, melihat banyak teman-teman yang ujian dan memberi hadiah untuk temannya yang ujian, jadi saya kepikiran untuk jualan buket dan pembeli awalnya teman-teman saya di kampus,” ujar Andi.

Saat ini Andi bisa menjual 5 sampai 10 pesanan buket per hari. Untuk pemasarannya baru di sekitar Kota Kendari. Pemasaran dilakukan di media sosial seperti Facebook dan Instagram. (B)

Penulis: Wa Ode Ria Ika Hasana

Editor: Haerani Hambali

 

* BACA BERITA TERKINI LAINNYA DI GOOGLE NEWS 

Artikel Terkait
Baca Juga