Bupati Konawe Minta Kapolda Sultra Salurkan Beras 10 Ton pada Warga Miskin

Sumarlin, telisik indonesia
Jumat, 01 Mei 2020
0 dilihat
Bupati Konawe Minta Kapolda Sultra Salurkan Beras 10 Ton pada Warga Miskin
Bupati Konawe, Kery Saiful Konggoasa, menyerahkan bantuan beras kepada Kapolda Sultra. Brigjen Pol Merdysam. Foto: Ist.

" Saya serahkan ke Polda Sultra sebanyak 10 ton beras dengan harapan bisa membantu masyarakat yang kurang mampu dan tetap semangat di tengah wabah pandemi COVID-19 ini. "

KENDARI, TELISIK.ID – Bupati Konawe, Kery Saiful Konggoasa menyerahkan bantuan 10 ton beras kepada Kepolisian Daerah (Polda) Sultra untuk disalurkan kepada warga tidak mampu.

Beras kemasan 5 Kg tersebut langsung diantarkan ke Markas Polda Sultra menggunakan truk.

Bantuan orang nomor satu di Konawe ini langsung diterima oleh Kapolda Sultra Brigjen Pol Merdysam. Rencananya bantuan beras tersebut akan dibagikan kepada warga tidak mampu yang terdampak pandemi COVID-19.

"Saya serahkan ke Polda Sultra sebanyak 10 ton beras dengan harapan bisa membantu masyarakat yang kurang mampu dan tetap semangat di tengah wabah pandemi COVID-19 ini,” ujar Kerry usai menyerahkan bantuan tersebut, Kamis (30/4/2020).

Sebagai daerah penghasil beras terbesar di Sultra, Kery memastikan stok pangan dijamin aman dan siap didistribusikan untuk membantu daerah yang terdampak COVID-19.

Bupati Konawe, Kery Saiful Konggoasa, saat berada di Mapolda Sultra untuk menyerahkan bantuan 10 Ton beras. Foto: Humas Konawe

Kery menambahkan bahwa, dengan adanya panen yang akan dilakukan oleh petani dalam waktu dekat ini, diproyeksikan akan mampu kembali mencukupi permintaan pasar sekaligus menjadi stok cadangan yang bisa disimpan gudang Bulog Konawe.

Mantan Ketua DPRD Konawe ini  meyakini, selain mencukupi kebutuhan beras di Konawe, persediaan beras yang ada di wilayahnya saat ini juga mampu menyuplai kebutuhan dan permintaan beras dari berbagai wilayah di Sultra.

Baca juga: Sagu Menjadi Solusi Pangan Masa Pandemi di Konawe

Pemerintah Kabupaten Konawe melalui Dinas Perindustrian dan Perdagangan (Disperindag) memastikan ketersediaan beras di Kabupaten Konawe dalam masa tanggap darurat COVID-19 aman bahkan sampai akhir Ramadhan.

Sementara Kepala Dinas Ketahanan Pangan Konawe, Muhammad Akbar menyebut, stok beras premium yang ada di Bulog Konawe kurang lebih 300 ton. Dengan jumlah tersebut, masih bisa memenuhi kebutuhan hingga Mei 2020.

“Kabupaten Konawe sesuai julukannya merupakan salah satu lumbung pangan di Sulawesi Tenggara, beberapa daerahnya merupakan wilayah pertanian penghasil padi dan beberapa bulan kedepan akan kembali panen,” ucapnya.

Bupati Konawe, Kery Saiful Konggoasa, saat berada di Mapolda Sultra untuk menyerahkan bantuan 10 Ton beras. Foto: Humas Konawe

Muhammad Akbar juga menjelaskan bahwa, bulan April 2020 sawah di Konawe yang melaksanakan panen diantaranya, Kecamatan Abuki seluas 1.500 Ha, Padangguni 2.200 Ha dan Asinua 400 Ha.

“Untuk Kecamatan Pandangguni di bulan Mei masih berlanjut panen sampai Kecamatan Tongauna dan Kecamatan Tongauna Utara 1.509 Ha. Bulan Juni kedepan sebagian Kecamatan Tongauna Utara, Unaaha, sebagian Kecamatan Onembute dan Kecamatan Lambuya juga panen,” tambahnya.

Dia menegaskan, dengan adanya panen yang berkelanjutan tersebut, maka stok beras pasti aman.

Sementara itu, menanggapi bantuan Kery, Kapolda Sultra, Brigjen Pol Merdysam, mengucapkan terima kasih kepada Bupati Konawe yang telah ikut peduli dan berpartisipasi memberikan bantuan pangan tersebut.

Menurut Kapolda, bantuan berupa beras tersebut akan didistribusikan secara merata kepada masyarakat yang benar-benar membutuhkan sehingga tidak salah sasaran.

“Kita akan bagikan bantuan ini secara mobile jadi tidak di satu titik, di mana ada ada masyarakat yang membutuhkan,” kata Merdysam. (Adv)

Reporter: Ana Pratiwi

Editor: Sumarlin

TAG:
Baca Juga