Bupati Muna Lantik Pejabat, Kadis PMD Bergeser ke Dispora

Sunaryo, telisik indonesia
Selasa, 23 Mei 2023
0 dilihat
Bupati Muna Lantik Pejabat, Kadis PMD Bergeser ke Dispora
Bupati Muna, LM Rusman Emba melantik pejabat esalon II hasil lelang jabatan dan pejabat esalon III, serta IV. Foto: Sunaryo/Telisik

" Sebagai pejabat pembina kepegawaian, Rusman menggunakan kewenangannya memilih satu dari tiga yang masuk perangkingan berdasarkan tabulasi nilai yang dilakakukan oleh Komisi Aparatur Sipil Negara "

MUNA, TELISIK.ID - Bupati Muna, LM Rusman Emba melantik pejabat esalon II hasil lelang jabatan dan meroling beberapa kepala dinas (kadis).

Sebagai pejabat pembina kepegawaian (PPK), Rusman menggunakan kewenangannya memilih satu dari tiga yang masuk perangkingan berdasarkan tabulasi nilai yang dilakakukan oleh Komisi Aparatur Sipil Negara (KASN).

Adapun pejabat pilihan Rusman adalah La Ode Abdul Salam sebagai Kepala Badan Pengelola Keuangan dan Aset Daerah (BPKAD), Ali Syadikin Kadis P3A, Muhmad Haidar Kadis Kominfo, Ali Fakara Hara Kasat Pol PP, Asisten III LM Asmadi, Kadinkes Tasrim Darjo, Kadis PUPR Mustajab, Kepala BPBD Samaul Baid Ndimuri, Kadinsos La Ode Moammar Khadafi, Kadis Peternakan La Ode Hasrun, Kepala Balitbang La Ode Muharman, Kadis Koperasi UMKM LM Hajar, Kadis Pemadam Kebakaran Penyelamatan Tadjuddin dan Kadis PTSP LM Nasrun Kaeba.

Di lain sisi, ada beberapa kadis yang diroling. Adalah Kadis PMD Rustam digantikan oleh Kadis Nakertrans Fajaruddin Wunanto. Rustam digeser sebagai Kadispora, menggantikan Rahmat Raeba yang dipercaya sebagai Kadikbud. Kemudian, La Taha, Kadikbud ditempatkan sebagai peneliti madya Balitbang.

Baca Juga: Pj Bupati Muna Barat Bakal Lantik Pejabat Eselon II Hasil Lelang Jabatan Bulan Depan

Kemudian, pejabat esalon III, Aswan Kuasa sebagai Sekretaris Nakertrans dan Muhamad Nasir sebagai Sekretaris Dispora.

Rusman menerangkan, pelantikan para pejabat itu merupakan kebutuhan organisasi. Karenanya, ia menekankan pada para pejabat yang baru agar terus meningkatkan loyalitas terhadap pimpinan dan kinerja. Tidak menuntup kemungkinan, ia akan melakukan evaluasi.

"Loyalitas harus tegak lurus. Begitu juga kinerja, harus ditunjukkan, jangan hanya kerja di atas kertas tanpa bukti," tegasnya.

Menurut mantan senator DPD-RI itu, pelantikan dan mutasi pejabat hanya sebuah siklus. Sebagai pimpinan, ia menginginkan para bawahannya bekerja sesuai tupoksi dan peraturan perundang-undangan yang berlaku.

Baca Juga: Akhir Tahun, Pemda Konawe Lantik Pejabat Eselon II, Administrstor, Pengawasan, Camat dan Lurah

"Tunjukkan kinerja dan jangan kejar jabatan. Sebagai pimpinan, saya pasti akan memikirkan kalau benar-benar kerja yang baik," ujarnya.

Sementara itu, Sekda Muna, Eddy Uga menerangkan, proses pelantikan sudah sesuai ketentuan peraturan yang berlaku. Apa yang menjadi penilaian akhir hasil seleksi yang dilakukan KASN, telah dilaporkan ke Gubernur Sulawesi Tenggara, Ali Mazi untuk dilakukan pelantikan.

"Untuk jabatan Disdukcapil, peserta yang masuk tiga besar masih akan mengikuti seleksi dari Kementerian Dalam Negeri (Kemendagri). Bila Kemendagri telah menetapkan satu nama, kita akan lantik," tandasnya. (B)

Penulis: Sunaryo

Editor: Haerani Hambali

 

* BACA BERITA TERKINI LAINNYA DI GOOGLE NEWS 

Artikel Terkait
Baca Juga