adplus-dvertising

Bupati Muna Siap Fasilitasi Persoalan di Lokasi Pembangunan PLTU

Sunaryo, telisik indonesia
Minggu, 12 Desember 2021
1029 dilihat
Bupati Muna Siap Fasilitasi Persoalan di Lokasi Pembangunan PLTU
Bupati Muna, LM Rusman Emba. Foto: Sunaryo/Telisik

" PLN Wilayah Sulselrabar kembali akan membangun PLTU di Kabupaten Muna, tepatnya di Desa Lasunapa, Kecamatan Duruka. "

MUNA, TELISIK.ID - Perusahaan Listrik Negara (PLN) Wilayah Sulawesi Selatan, Sulawesi Tenggara dan Sulawesi Barat (Sulselrabar) kembali akan membangun Pembangkit Listrik Tenaga Uap (PLTU) di Kabupaten Muna, tepatnya di Desa Lasunapa, Kecamatan Duruka.

Rencana pembangunan PLTU itu merupakan kali kedua, setelah sebelumnya tahun 2011 silam gagal dilakukan karena adanya persoalan mafia tanah yang menyeret dua terpidana yakni, mantan Kepala Badan Pertanahan Nasional (BPN) Muna, Arifin dan mantan Kepala Desa Lasunapa, Lambirita.

Nah, agar persoalan itu tidak terulang kembali, Bupati Muna, LM Rusman Emba akan memfasilitasi masyarakat pemilik lahan yang belum mendapatkan ganti rugi dengan pihak PLN.


"Bila ada masyarakat yang belum menerima ganti rugi, kita akan bantu bicarakan pada PLN," kata Rusman, Minggu (12/12/2021).

Lahan yang dibutuhkan untuk lokasi pembangunan PLTU Lasunapa seluas kurang lebih 10 hektare. Sebagian besar, lahan masyarakat telah dibebaskan dan  mendapatkan ganti rugi sejak rencana pembangunan pertama.

"Informasinya ada yang belum mendapat ganti rugi, sehingga itulah yang coba kita fasilitasi," ujarnya.

Begitu pula dengan informasi dari tokoh-tokoh masyarakat Duruka yang menyebutkan adanya situs bersejarah di lokasi rencana pembangunan PLTU. Ia akan upayakan agar situs bersejarah itu tidak masuk dalam lokasi pembangunan.

Baca Juga: Truk Bermuatan Kayu di Baubau Terbalik, Nyaris Terjun ke Jurang

"Bila benar ada situsnya, kita akan pugar," timpalnya.

Mantan senator DPD-RI itu, tidak akan menyia-nyiakan pembangunan PLTU. Karena dengan adanya PLTU, Bumi Sowite tidak akan krisis listrik. Kemudian juga, dapat meningkatkan kesejahteraan dan taraf hidup masyarakat ataupun perluasan peluang kerja.

Baca Juga: Ilmiati Daud Unjuk Kebolehan Masak Makanan Khas Wakatobi di Festival PARARA 2021

"Program ini harus kita dukung," pintanya. (C)

Reporter: Sunaryo

Editor: Haerani Hambali 

Baca Juga