Cak Imin Bangun 40 Kota Baru, Gibran Fokus Transportasi Umum Gratis, Mahfud Pertanyakan Lembaga Pembiayaan Khusus

Mustaqim, telisik indonesia
Jumat, 22 Desember 2023
0 dilihat
Cak Imin Bangun 40 Kota Baru, Gibran Fokus Transportasi Umum Gratis, Mahfud Pertanyakan Lembaga Pembiayaan Khusus
Debat calon wakil presiden yang menghadirkan Muhaimin Iskandar alias Cak Imin, Gibran Rakabuming Raka, dan Mahfud MD di Jakarta Convention Center, Senayan, Jumat (22/12/2023) malam. Foto: Mustaqim/Telisik

" Calon wakil presiden (cawapres) nomor 1, Muhaimin Iskandar alias Cak Imin, menegaskan akan melakukan kebijakan pemerataan pembangunan perkotaan untuk mengatasi kesenjangan sosial ekonomi "

JAKARTA, TELISIK.ID - Calon wakil presiden (cawapres) nomor 1, Muhaimin Iskandar alias Cak Imin, menegaskan akan melakukan kebijakan pemerataan pembangunan perkotaan untuk mengatasi kesenjangan sosial ekonomi.

Salah satu upaya mengatasi permasalahan tersebut, menurut Cak Imin, adalah membangun 40 kota baru selevel Jakarta.

"Pembangunan minimal 40 kota baru diiringi dengan penataan lingkungan yang sehat, termasuk akses pendidikan yang tidak jauh bagi masyarakat," ujar Cak Imin saat debat cawapres dengan sub tema perkotaan di Jakarta Convention Center, Senayan, Jumat (22/12/2023) malam.

Baca Juga: Gibran Lanjutkan Hilirisasi Jokowi, Mahfud Naikan Pertumbuhan Ekonomi 7 Persen, Cak Imin Turunkan Pajak Kelas Menengah

Terkait membangun minimal 40 kota baru, Cak Imin mengatakan akan menerapkan kebijakan fiskal secara adil. Namun, tetap melibatkan investor swasta dalam pembangunannya.

Menangggapi jawaban Cak Imin, Gibran menilai pihaknya lebih fokus pada pengembangan transportasi umum dalam pembangunan perkotaan. Dia menganggap jawaban Cak Imin agak aneh dan tidak sependapat dengan penjelasan tersebut.

"Masalah perkotaan kami akan garap transportasi umum yang bisa dimanfaatkan kelompok disabilitas maupun anak-anak.

(Untuk) level di kota kecil menggunakan transportasi umum gratis dan CSR dari swasta," kata Gibran.

Selain Gibran, Mahfud pun meragukan kemampuan Cak Imin bersama pasangannya Anies Baswedan untuk membangun minimal 40 kota baru.

"Bagaimana membangun 40 kota baru, membangun satu IKN saja belum pasti selesai dalam watu cepat," kritik Mahfud.

Keraguan Mahfud tidak hanya itu, dia pun mempertanyakan kemungkinan diperlukannya lembaga khusus untuk membiayai pembangunan minimal 40 kota baru.

Baca Juga: KPU Tak Ingin Kehebohan Gibran Terulang, Cak Imin Deg-degan Jelang Debat Cawapres

Menjawab keraguan Gibran dan Mahfud, Cak Imin menegaskan, membangun 40 kota baru titik tumpunya pada kota-kota potensial

yang sudah ditunjang infrastruktur yang cukup.

"Jadi (kota baru) yang disiapkan adalah potensi infrastruktur yang sudah dimiliki," jelasnya.

Setelah debat kedua ini, debat selanjutnya atau debat ketiga dijadwalkan pada 7 Januari 2024. Debat ketiga akan menghadirkan kembali tiga capres. (A)

Penulis: Mustaqim

Editor: Kardin

 

* BACA BERITA TERKINI LAINNYA DI GOOGLE NEWS

Artikel Terkait
Baca Juga