Calon Jamaah Haji Kolaka Utara Berkurang Lagi

Muh. Risal H, telisik indonesia
Sabtu, 28 Mei 2022
0 dilihat
Calon Jamaah Haji Kolaka Utara Berkurang Lagi
Suasa pemberangkatan jamaah haji di Bandara. Foto: Report Serambinews.com

" Kantor Kementerian Agama (Kemenag), Kabupaten Kolaka Utara kembali batal memberangkatkan 1 orang calon jamaah haji (CJH) "

KOLAKA UTARA, TELISIK.ID - Kantor Kementerian Agama (Kemenag), Kabupaten Kolaka Utara kembali batal memberangkatkan 1 orang calon jamaah haji (CJH).

Kata Pelaksana tugas (Plt) Kepala Kantor Kemenag Kolaka Utara, Baharuddin, sebelumnya, tahun 2020 jumlah CJH Kabupaten Kolaka Utara yang telah melunasi dan siap diberangkatkan sebanyak 195 orang.

"Tahun ini, karena ada pengurangan kuota oleh kerajaan Arab Saudi, maka kuota haji Sulawesi Tenggara hanya 917 orang. dari kuota tersebutlah yang tersebar di kabupaten/kota berdasarkan nomor porsinya," terangnya, Sabtu (28/5/2022).

Untuk Kolaka Utara lanjutnya, kuota jamaah haji sebanyak 88 orang. Namun, beberapa waktu lalu satu orang CJH menyatakan mundur, sehingga sampai saat ini yang siap mengikuti manasik sekaligus siap diberangkatkan haji sebanyak 87 orang.

Baca Juga: Tergabung Kloter 7, Berikut Jadwal Pemberangkatan Jamaah Haji Kolaka Utara

"Alasan CJH itu mundur, karena tahun 2022 sudah melunasi bersama dengan suaminya. Tetapi, suaminya pada tahun ini berusia lebih dari 65 tahun," jelasnya.

Sesuai dengan Ta'limatul Haj, tuturnya, yakni ketentuan peserta haji yang keluarkan Pemerintah Arab Saudi tahun ini, yang bisa diberangkatkan itu hanya mereka yang berusia 65 tahun ke bawah.

"Karena suaminya tidak diberangkatkan, maka yang bersangkutan juga sekaligus mengundurkan diri," tukasnya.

Sebelumnya, Kepala Seksi (Kasi) Penyelenggaraan Haji dan Umroh, Suparman, S.Ag menyatakan, sekitar 30 orang CJH berusia di atas 65 tahun batal berangkat tahun ini karena terkendala aturan pembatasan umur dari pemerintah Arab Saudi.

"Benar, ada sekitar 30 orang calon jemaah haji yang berusia di atas 65 atau lansia yang batal berangkat tahun ini," katanya, Rabu (25/5/2022) lalu.

Baca Juga: Tak Punya Rujab, Pj Bupati Muna Barat Pilih Tinggal di Rumah Keluarga

Sementara itu, mengacu pada jumlah kuota haji tahun 2020 yakni 195. Dibanding tahun ini yang hanya 87 orang CJH dapat disimpulkan sekitar 108 CJH asal Kolaka Utara yang batal berangkat tahun ini akibat pembatasan kuota dan usia yang dikeluarkan Kerajaan Arab Saudi akibat COVID-19. (B)

Penulis: Muh. Risal H

Editor: Kardin

Baca Juga