Cara Jaga Makanan di Kulkas tetap Segar saat Listrik Padam

Nur Khumairah Sholeha Hasan, telisik indonesia
Rabu, 04 Oktober 2023
0 dilihat
Cara Jaga Makanan di Kulkas tetap Segar saat Listrik Padam
Pemadaman listrik menjadi kondisi yang mengkhawatirkan, terutama dalam kondisi waktu yang lama tentu akan mempengaruhi makanan Anda. Foto: Kompas.com

" Pemadaman listrik menjadi kondisi yang mengkhawatirkan, terutama dalam kondisi waktu yang lama tentu akan mempengaruhi makanan Anda "

KENDARI, TELISIK.ID - Pemadaman listrik menjadi kondisi yang mengkhawatirkan, terutama dalam kondisi waktu yang lama tentu akan mempengaruhi makanan Anda.

Seringkali, salah satu masalah terbesar selama pemadaman listrik yang berkepanjangan adalah keamanan makanan di dalam lemari es ataupun freezer.

Berikut beberapa tips sederhana untuk menjaga makanan Anda tetap aman dan segar selama  listrik mati dilansir dari Kompas.com dan Cnnindnesia.com:

Baca Juga: Ini Penyebab dan Cara Mengatasi Ketiak Hitam atau Gelap

1. Gunakan termometer untuk mengukur suhu

Jika Anda tinggal di tempat yang sering mengalami pemadaman listrik, belilah termometer yang dapat menunjukkan suhu kulkas dan freezer.

2. Jangan buka-tutup pintu kulkas

Tutup pintu lemari es selama mungkin

Salah satu hal terpenting yang dapat Anda lakukan selama pemadaman listrik adalah memastikan pintu lemari es dan freezer tetap tertutup rapat dan jangan sering dibuka.

3. Siapkan es tambahan

Beli kantong es tambahan untuk disimpan di dalam freezer guna membantu menjaga suhunya, dan untuk digunakan nanti jika Anda harus memindahkan makanan ke pendingin.

Baca Juga: Hindari Hal Ini, Penyebab Ban Mobil Cepat Botak

Anda juga dapat mempertimbangkan untuk membeli es kering jika terjadi pemadaman listrik. Namun pastikan untuk menanganinya dengan aman dan hindari menyentuhnya dengan tangan kosong.

4. Kelompokkan makanan beku

Badan Pengawas Obat dan Makanan AS (FDA) merekomendasikan untuk mengelompokkan semua makanan beku Anda ke dalam freezer jika Anda mengantisipasi pemadaman listrik. Ini akan membantu menjaga makanan Anda lebih dingin untuk jangka waktu yang lebih lama. (C)

Penulis: Nur Khumairah Sholeha Hasan

Editor: Kardin

 

* BACA BERITA TERKINI LAINNYA DI GOOGLE NEWS

Baca Juga