Cara Mudah Usir Semut di Dapur, Cukup Pakai Bahan Ini

Adinda Septia Putri, telisik indonesia
Minggu, 02 Juli 2023
0 dilihat
Cara Mudah Usir Semut di Dapur, Cukup Pakai Bahan Ini
Semut sering dijumpai di dapur karena banyak makanan yang bisa dikerubungi di tempat itu. Foto: Repro tvonenews.com

" Mengusir semut dari dalam rumah ternyata tidak sulit. Ada beberapa bahan alami yang bisa digunakan agar serangga kecil itu tidak kembali lagi "

KENDARI, TELISIK.ID - Dapur jadi salah satu tempat kesukaan semut. Hal ini karena banyak makanan di area tersebut. Bagi sebagian orang, kedatangan koloni semut sangat mengganggu juga membahayakan karena gigitannya.

Supaya tak bingung untuk cara mengusir keberadaan semut, Shopping.tribunnews.com dan Kompas.com menyajikan cara alami mengusir semut.

1. Gunakan Bubuk Kayu Manis

Cukup pakai kayu manis, semut yang berkeliaran di dapur dijamin akan pergi dan sangat terminimalisir keberadaanya. Hal ini karena senyawa yang terkandung di dalam kayu manis.

Tapi, untuk hasil lebih efektif, kamu bisa mengusir semut dengan kayu manis bubuk saja. Cukup taburkan di atas semut langsung, bisa juga ke sarangnya. Pengaplikasian di sarang ini mencegah semut kembali dan berkembang biak di dalamnya.

2. Gunakan Minyak Peppermint

Bahan alami untuk mengusir keberadaan semut selanjutnya yakni minyak peppermint. Yap, dilansir dari berbagai sumber, peppermint lebih efektif mengusir beragam serangga termasuk nyamuk dan semut.

Cara pengaplikasiannya simpel, siapkan minyak peppermint dan tuangkan sebanyak 10 sampai 20 tetes pada dua gelas air. Masukkan dalam botol semprot guna pengaplikasian lebih mudah.

Baca Juga: 7 Cara Mudah Mengusir Semut di Rumah Tanpa Membunuh

Jika sudah, kamu bisa menyemprotkan ke bagian-bagian dapur yang sering didatangi oleh hewan kecil ini.

3. Semprotkan Cuka

Cukup tambahkan cuka dan air dengan perbandingan 1:1 dan kamu akan mendapati dapur yang sangat terminimalisir dari keberadaan semut. Kamu bisa mengaplikasikannya di area-area yang menjadi favorit semut seperti meja dapur.

Dilansir dari berbagai sumber, kamu hanya perlu mengelap permukaan meja atau area dapur yang sering didatangi semut, gunakan kain saja. Tunggu sampai kering dan semut tidak akan lagi tertarik untuk berkerumun di area yang kamu lap dengan cuka karena aromanya sudah mulai menyebar.

4. Gunakan Kulit Lemon

Tak hanya air perasan lemon yang punya segudang manfaat untuk keperluan rumah tangga, bagian kulitnya juga bisa kamu manfaatkan loh. Jadi jangan langsung dibuang ke tempat sampah ya.

Untuk pengaplikasiannya, kamu hanya perlu menempatkan kulit lemon ini di area favorit semut. Seperti contoh sekitar meja dapur dan jendela, dijamin keberadaannya akan sangat terminimalisir.

Baca Juga: Usir Semut dari Rumah dengan Cara Ini

Kamu juga bisa memanfaatkan airnya guna menyemprot area yang sering dilewati oleh semut.

5. Gunakan Minyak Kayu Putih

Minyak kayu putih dengan kandungan antimikroba nyatanya sering dimanfaatkan sebagai bahan alami untuk mengatasi berbagai permasalahan di rumah termasuk mengusir semut.

Pengusir serangga alami ini tentunya lebih aman namun juga efektif. Kamu hanya perlu mencampurkan minyak kayu putih 5 sampai 10 tetes saja ke dalam 2 gelas air. (C)

Penulis: Adinda Septia Putri

Editor: Haerani Hambali

 

* BACA BERITA TERKINI LAINNYA DI GOOGLE NEWS 

Artikel Terkait
Baca Juga