Cara Sembuhkan Pilek dan Flu Pakai Bawang Putih

Fitrah Nugraha, telisik indonesia
Jumat, 15 Juli 2022
0 dilihat
Cara Sembuhkan Pilek dan Flu Pakai Bawang Putih
Bawang putih adalah salah satu bahan alami yang bisa bantu mengatasi pilek dan flu. Foto: Repro iStockphoto

" Makan bawang putih mentah-mentah adalah cara mengatasi flu yang paling baik "

KENDARI, TELISIK.ID - Salah satu penyakit yang sering dialami saat musim pancaroba adalah flu.

Banyak cara yang bisa dilakukan untuk mengatasi flu, baik secara medis menggunakan obat kimia maupun alami atau herbal, salah satunya adalah dengan bawang putih.

Makan bawang putih mentah-mentah adalah cara mengatasi flu yang paling baik.

Melansir hellosehat.com, banyak penelitian menunjukkan bahwa bawang putih memiliki efek antivirus yang dapat mencegah flu atau pilek, serta mempercepat penyembuhan penyakit.

Kandungan minyak allicin (senyawa yang memberikan harum khas bawang putih) juga dipercaya ampuh untuk melawan pilek dan flu.

Baca Juga: Jangan Simpan Telur di Rak pada Pintu Kulkas, Ini Alasannya

Namun, jika risih atau tidak suka dengan baunya, Anda bisa mencampur rajangan bawang putih ke dalam berbagai masakan rumahan, misalnya tumis buncis bawang putih.

Jangan lupa irisan bawang putihnya dimakan juga. Selain itu, Anda juga bisa menambahkan beberapa irisan bawang putih, atau tumbuk halus satu siung, ke dalam semangkuk air panas untuk menguapi wajah Anda selama 10 menit.

Selain itu, dikutip dari kontan.co.id, hasil penelitian menunjukkan bahwa bawang putih bisa mengurangi risiko flu dan pilek. 

Hasil penelitian lainnya menemukan, konsumsi 2,56 gram ekstrak bawang putih secara signifikan menyembuhkan pilek saat musim dingin. 

Sayangnya, belum ada penelitian yang bisa menyebutkan aturan konsumsi bawang putih untuk menyembuhkan flu dan pilek. 

Merangkum dari FOOD NDTV, ahli gizi dan konsultan penurunan berat badan yang berbasis di Delhi, Dr. Simran Saini mengatakan, kandungan belerang yang tinggi dalam bawang putih memberinya sifat antibiotik yang membantu menjaga sistem pencernaan tetap bersih. 

Baca Juga: Resep Enak dan Sehat ala dr. Zaidul Akbar, Rontokkan Lemak Akibat Makan Daging

Bawang putih juga membangun kekebalan terhadap flu serta mencegah penyakit jantung dengan membersihkan arteri yang tersumbat. 

Untuk mendapatkan manfaatnya, Dr Simran menyarankan untuk mengonsumsi dua siung bawang putih secara langsung. 

Anda letakkan bawang putih yang sudah dikupas dan dicuci di antara dua gigi, gigit sedikit untuk mengeluarkan ekstraknya, lalu telan utuh dengan airnya. (C)

Penulis: Fitrah Nugraha

Editor: Haerani Hambali

Artikel Terkait
Baca Juga