Catat, Ini 4 Cara Ampuh Mengurangi Gula Berlebih Lewat Kebiasaan Sehari-hari

Fitrah Nugraha, telisik indonesia
Sabtu, 24 Desember 2022
0 dilihat
Catat, Ini 4 Cara Ampuh Mengurangi Gula Berlebih Lewat Kebiasaan Sehari-hari
Konsumsi gula berlebih, baik dari makanan atau minuman berisiko tinggi menyebabkan masalah kesehatan seperti gula darah tinggi, obesitas, dan diabetes melitus. Foto: Repro google.com

" Salah satu kebiasaan yang mengundang penyakit menyerang tubuh adalah terlalu banyak mengonsumsi gula. Memang menimkati makanan dengan tambahan gula tidak masalah, tapi akan berbahaya jika terlalu berlebihan "

KENDARI, TELISIK.ID - Salah satu kebiasaan yang mengundang penyakit menyerang tubuh adalah terlalu banyak mengonsumsi gula. Memang menimkati makanan dengan tambahan gula tidak masalah, tapi akan berbahaya jika terlalu berlebihan.

Pada umumnya, dikutip dari kemkes.go.id, batas aman konsumsi gula per hari yang dianjurkan bagi orang dewasa sehat dengan tingkat aktivitas sedang maksimal sebesar 50 gram, atau setara 4 sendok makan.

Konsumsi gula berlebih, baik dari makanan atau minuman berisiko tinggi menyebabkan masalah kesehatan seperti gula darah tinggi, obesitas, dan diabetes melitus.

Olehnya itu, penting untuk mengetahui apa saja yang harus dilakukan dalam kebiasaan sehari-hari agar kitab isa mengurangi mengonsumsi gula secara berlebihan.

Baca Juga: 8 Tips Hilangkan Noda pada Baju Putih Tanpa Pemutih

Dilansir dari Antara, Jumat (23/12/2022), dokter spesialis gizi klinik RS Pondok Indah Jakarta dr. Juwalita Surapsari, M.Gizi, Sp.GK membagikan beberapa cara mengurangi gula berlebih yang bisa berbahaya untuk kesehatan, antara lain:

1. Biasakan diri untuk mengurangi penambahan kecap atau saus pada makanan yang dikonsumsi sehari-hari.

2. Jika sudah terbiasa minum minuman manis, coba mulai kurangi kadar gulanya dengan minum minuman sedikit gula (less sugar), lalu setelah beberapa saat terbiasa baru ganti dengan minuman tanpa gula.

3. Setiap kali mengonsumsi makanan dan minuman dalam kemasan, perhatikan label kemasan gizi dan baca kandungan pemanis atau gula tambahannya. Dengan begitu, Anda bisa mengatur batas gula per hari.

Baca Juga: Ini Cara Dapat Pulsa Darurat di Kartu Axis

4. Kurangi dan ganti kebiasaan mengosumsi kudapan manis dengan makanan rendah gula seperti buah segar, yogurt tawar, atau susu rendah lemak.

Selain menjalankan beberapa cara mengurangi gula berlebih di atas, pastikan Anda juga mengimbanginya dengan gaya hidup sehat agar kadar gula darah normal.

Caranya dengan rutin olahraga, konsumsi makanan bergizi lengkap dan seimbang, kelola stres, dan istirahat cukup setiap hari. (C)

Penulis: Fitrah Nugraha

Editor: Kardin 

 

* BACA BERITA TERKINI LAINNYA DI GOOGLE NEWS

Artikel Terkait
Baca Juga