Catat, Ini 7 Obat Asam Lambung yang Mudah Dicari

Fitrah Nugraha, telisik indonesia
Jumat, 17 Juni 2022
0 dilihat
Catat, Ini 7 Obat Asam Lambung yang Mudah Dicari
Asam lambung naik menyebabkan gangguan pada lambung. Ada beberapa obat yang bisa dikonsumsi untuk mengatasi penyakit ini. Foto: Repro googleberita.com

" Gejala utama dari asam lambung naik adalah rasa seperti terbakar di dada (heartburn), yang bisa memburuk setelah makan atau saat berbaring "

KENDARI, TELISIK.ID - Asam lambung naik merupakan kondisi yang menyebabkan gangguan pada lambung. Berbagai obat pun bisa dipakai untuk mengantisipasi sakit ini.

Mengutip alodokter.com, gejala utama dari asam lambung naik adalah rasa seperti terbakar di dada (heartburn), yang bisa memburuk setelah makan atau saat berbaring.

Gejala ini dapat disertai dengan keluhan gangguan pencernaan lainnya, seperti sering bersendawa, mual dan muntah, maag dan sesak napas, serta mulut terasa asam.

Dikutip dari detik.com, berikut beberapa obat asam lambung yang mudah dicari:

1. Daun Kemangi

Daun kemangi dikenal akan sifat menenangkan yang bisa dijadikan sebagai obat asam lambung naik. Cara mengolahnya pun mudah, ambil 3 sampai 4 daun kemangi dan rebus dalam secangkir air.

Biarkan beberapa menit hingga mendidih. Setelah matang, tunggu airnya sampai terasa cukup dingin dan diminum. Selain itu, sering menghirup daun kemangi juga dapat meredakan asam lambung naik loh.

2. Kayu Manis

Obat asam lambung naik berikutnya adalah kayu manis. Bahan alami ini mengandung antasida alami yang berguna untuk meredakan asam lambung naik, menenangkan perut, dan meningkatkan pencernaan.

Oleh karenanya, sering meminum air yang dicampur kayu manis bisa menyembuhkan infeksi saluran pencernaan, terutama asam lambung naik.

3. Air Kelapa

Selain menyegarkan, air kelapa juga bisa menjadi pilihan obat untuk asam lambung naik. Pasalnya, air kelapa dikenal kaya akan serat sehingga dapat membantu pencernaan dan mencegah asam lambung naik.

Baca Juga: Awas, Ini 5 Dampak Buruk Pakai Jam Tangan Setiap Saat

Selain itu, bahan alami ini bisa menghasilkan lendir di perut yang berguna melindungi perut dari efek berbahaya yang disebabkan oleh produksi asam berlebih.

4. Pisang

Buah pisang juga dapat menjadi obat asam lambung naik. Pisang mengandung antasida alami yang berfungsi sebagai penyangga terhadap refluks asam.

Buah ini sangat populer dan sering disarankan dokter sebagai obat mengatasi asam lambung naik. Cukup mengkonsumsi satu buah pisang per hari dapat mencegah asam lambung naik yang menyiksa.

5. Jahe

Obat asam lambung naik selanjutnya adalah jahe. Jahe terkenal mampu membuat badan hangat, serta mengandung anti-inflamasi yang dapat menetralkan asam lambung.

Dengan mengkonsumsi jahe seperti dikunyah, meminum satu sendok jus jahe sebanyak 2-3 kali sehari, atau merendam irisan jahe segar dalam secangkir air mendidih dan diminum saat hangat dapat meredakan asam lambung yang naik.

6. Oatmeal

Faktor iritasi adalah asam. Sementara, serat yang terkandung dalam oatmeal atau gandum dapat membantu mengurangi asam lambung naik.

Baca Juga: Mengenal Venustraphobia, Phobia Terhadap Perempuan Cantik

Kandungan serat yang tinggi dari makanan ini membantu menyerap asam yang menumpuk penyebab perut mulas.

7. Apel

Selain untuk diet, apel juga efektif dalam meredakan asam lambung naik. Kandungan pektin dan serat larut air pada apel diyakini mampu mengurangi frekuensi perut perih akibat asam lambung naik.

Apel juga merupakan sumber kaya mineral seperti kalsium, magnesium, dan potasium. Nutrisi ini sangat berguna dalam menurunkan asam lambung yang naik. (C)

Penulis: Fitrah Nugraha

Editor: Haerani Hambali

Artikel Terkait
Baca Juga