Cegah Hoax, Bawaslu Bombana Gandeng Wartawan Kelola Informasi Pengawasan

Hir Abrianto, telisik indonesia
Kamis, 07 Juli 2022
0 dilihat
Cegah Hoax, Bawaslu Bombana Gandeng Wartawan Kelola Informasi Pengawasan
Rapat koordinasi Bawaslu Bombana bersama wartawan tentang pengelolaan kehumasan di Kantor Bawaslu tentang pengawasan Pemilu. Foto: Hir/Telisik

" Badan Pengawas Pemilihan Umum (Bawaslu) Kabupaten Bombana menggandeng insan pers untuk bersama-sama memberantas informasi hoax terkait pemilu dan bentuk pengawasannya "

BOMBANA, TELISIK.ID - Badan Pengawas Pemilihan Umum (Bawaslu) Kabupaten Bombana menggandeng insan pers untuk bersama-sama memberantas informasi hoax terkait pemilu dan bentuk pengawasannya.

Ketua Komisioner Bawaslu Bombana, Hasdin Nompo dalam keterangannya mengharapkan keterlibatan insan pers dalam pengelolaan kehumasan, peliputan dan dokumentasi serta informasi publikasi Bawaslu Kabupaten Bombana.

"Pers garda terdepan penyebaran informasi dan jendela informasi masyarakat tentang pengawasan pemilu, olehnya itu media kabar adalah wadah yang sangat tepat untuk sosialisasi tetang pengawasan pemilu," Ucapnya.

Kata Hasdin, sebagai jendela informasi, dengan skill dan kompetensi awak media dalam mencari informasi yang dapat mendukung kinerja bawaslu dalam menyukseskan pesta demokrasi yang bersih.

"Dari hasil koordinasi awal ini kami tindak lanjuti. Pertama grup koordinasi langsung dibentuk untuk permudah komunikasi, ke depan nanti banyak kinerja Bawaslu yang melibatkan wartawan dan kita akan agendakan deklarasi kedepannya," Jelasnya.

Baca Juga: Harga Melejit, Pedagang Kambing Kurban Sepi Pembeli

Senada, Nuryadi selaku Sekretaris Jenderal Asosiasi Media Siber Indonesia (AMSI)  Sulawesi Tenggara mengatakan, bangun kemitraan yang diinisiasi oleh Bawaslu Bombana bersama wartwan adalah langkah yang tepat guna membangun demokrasi bebas hoax dan kampanye hitam.

Baca Juga: Pemdes Liya One Melangka Salurkan BLT-DD Door to Door Bersama Mahasiswa IAIN

"Tepat jika Bawaslu Bombana mengambil langkah membangun sinergitas dan kemitraan dengan insan pers guna mengemas demokrasi yang bebas hoax. Karena pelanggaran pemilu adalah lawan kita bersama," ucapnya saat memberikan gambaran peran humas dalam mengelola informasi pada Rapat Koordinasi antara Bawaslu dan Insan Pers di Bombana. (B)

Penulis: Hir Abrianto

Editor: Musdar

Artikel Terkait
Baca Juga