Chatbot Baru dari Google dan Microsoft Siap Bersaing dengan ChatGPT besutan OpenAI, Ini Kata Pengguna

Muhammad Adhiatma Hidayat , telisik indonesia
Sabtu, 11 Februari 2023
0 dilihat
Chatbot Baru dari Google dan Microsoft Siap Bersaing dengan ChatGPT besutan OpenAI, Ini Kata Pengguna
ChatGPT versi Google dan Microsoft yang bernama Bard dan Bing dikabarkan akan segera dirilis dalam waktu dekat. Foto: Kolase dari berbagai sumber

" Kehadiran ChatGPT versi Google, yang dikenal sebagai Bard, diduga terinspirasi dari perilisan ChatGPT dari Open AI "

KENDARI, TELISIK.ID - Rumor mengenai kehadiran chatbot baru dari Google dan Microsoft yang bernama Bard dan Bing, masing-masing kian kuat beredar. Kedua chatbot ini diduga memiliki fungsi yang mirip dengan ChatGPT yang dibuat oleh OpenAI.

Kehadiran ChatGPT versi Google, yang dikenal sebagai Bard, diduga terinspirasi dari perilisan ChatGPT dari Open AI. Tak ingin kalah dalam persaingan, Google dikabarkan terdorong untuk merilis versi ChatGPT-nya sendiri.

Microsoft juga tengah mempersiapkan peluncuran ChatGPT-nya, yang didasarkan pada layanan mesin pencari mereka, Bing. ChatGPT dari Microsoft diduga akan membawa perubahan besar pada tampilan lama dari Bing, dengan memanfaatkan teknologi kecerdasan buatan dari Open AI, yakni ChatGPT.

Mengenai chatbot besutan Microsoft, Bing, saat ini belum ada kepastian mengenai rencana mereka kedepannya. Namun, berdasarkan penelusuran yang dilakukan oleh tim Telisik, chatbot milik Bing diperlihatkan mampu menautkan ke berbagai sumber untuk menjawab pertanyaan dari pengguna.

Selain itu, chatbot ini juga dapat menampilkan data informasi terbaru, yang jika dibandingkan dengan ChatGPT milik OpenAI yang hanya memiliki data sampai tahun 2021 saja.

Dengan kemampuan untuk menjawab pertanyaan tentang isu terkini secara relevan, hal tersebut mungkin saja dapat menjadi keunggulan tersendiri bagi ChatGPT milik Microsoft tersebut.

Sedangkan untuk Bard yang merupakan chatbot milik Google, selain memiliki fitur untuk membantu penggunanya dalam menjawab pertanyaan yang diberikan seperti halnya ChatGPT, Bard, juga dapat digunakan untuk merencanakan acara, membandingkan film, mencari resep makanan, menemukan informasi terbaru dan masih banyak lagi.

Baca Juga: Penggunaan ChatGPT bagi Mahasiswa, Tugas Kuliah Makin Mudah

Beberapa mahasiswa maupun alumni di Kota Kendari yang menggunakan ChatGPT dari Open AI memberikan tanggapan yang berbeda-beda terkait dengan perilisan ChatGPT yang akan dilakukan oleh Google dan Microsoft, salah satunya adalah Raja Doli Lubis, mahasiswa jurusan Hukum Universitas Halu Oleo (UHO) Kendari.

Ia mengatakan, terkait ChatGPT besutan dari Google dan Microsoft ini membuatnya sangat bersyukur karena ia sendiri merupakan pengguna.

"Yang pasti bakal mempermudah saya sendiri dengan adanya ChatGPT milik Google dan Microsoft, tersebut," kata Raja, Sabtu (11/2/2023).

Ia mengaku penasaran akan dirilsnya kedua teknologi chatbot tersebut, karena nantinya bakal ada persaingan antara tiga perusahaan berbeda dalam mengembangkan teknologi masing-masing.

"Karena tiga produk dari perusahaan berbeda itu masing-masing bakal mengembangkan teknologi kecerdasan buatan miik mereka," lanjutnya.

Lain halnya dengan Hafiat yang merupakan alumni jurusan pariwisata Universitas Gadjah Mada (UGM) yang juga adalah warga Kota Kendari dan salah satu pengguna dari ChatGPT mengatakan, adanya kedua teknologi tersebut memang dibutuhkan untuk saat ini dikarenakan masyarakat memasuki era industri 5.0.

Baca Juga: Prediksi ChatGPT Bakal Kalahkan Google Search Engine

"Selain itu dengan adanya ChatGPT membuat kita tidak hanya tergantung sama google tetapi ternyata banyak juga platform yang bisa dipakai selain google," ujar Hafiat.

Melansir dari kompas.com pada Jumat, (10/2/2023), kedua chatbot yang dikembangkan oleh Google dan Microsoft tersebut masih dalam tahap pengembangan dan sedang menjalani uji coba.

Untuk saat ini, belum ada konfirmasi resmi mengenai waktu perilisan kedua chatbot dari masing-masing perusahaan, tetapi dapat dipastikan bahwa kedua chatbot dari Google dan Microsoft tersebut akan segera dirilis dalam waktu dekat. (A)

Penulis: Muhammad Adhiatma Hidayat

Editor: Kardin

 

* BACA BERITA TERKINI LAINNYA DI GOOGLE NEWS 

Baca Juga