China Bangun Jembatan Tali Besi Hubungkan Dua Gunung di Chongqing Tanpa Tiang

Nur Khumairah Sholeha Hasan, telisik indonesia
Selasa, 31 Oktober 2023
0 dilihat
China Bangun Jembatan Tali Besi Hubungkan Dua Gunung di Chongqing Tanpa Tiang
Salah satu proyek ajaib yang diciptakan China adalah jembatan tali besi sungai Dadong yang terletak di Wulong, Chongqing. Foto: Kumparan.com

" Menjadi salah satu negara maju, tak lantas membuat China berhenti membuat inovasi, mulai dari pembangunan infrastruktur hingga teknologi terbaru yang inovatif tak henti-hentinya diciptakan oleh negara tirai bambu ini "

BEIJING, TELISIK.ID - Menjadi salah satu negara maju, tak lantas membuat China berhenti membuat inovasi, mulai dari pembangunan infrastruktur hingga teknologi terbaru yang inovatif tak henti-hentinya diciptakan oleh negara tirai bambu ini.

Salah satu proyek ajaib yang diciptakan China adalah  jembatan tali besi Sungai Dadong yang terletak di Wulong, Chongqing.

Jembatan ini dibangun di antara dua gunung, dengan total panjang 245 meter dengan lebar 3,8 meter, dan tinggi 300 meter dari dasar lembah, seluruh jembatan tidak memiliki tiang jembatan maupun tali penahan.

Baca Juga: Update Konflik Israel dan Palestina, Korban Tewas Palestina Tembus 8.525 Orang

Hanya mengandalkan empat set tali untuk memberikan tegangan horizontal. Tidak ada yang menyangka bahwa kendaraan konstruksi seberat 45 ton benar-benar dapat melewati jembatan setipis kertas ini.

Terlihat lemah, tetapi dapat dilewati oleh kendaraan konstruksi seberat 45 ton. Di atas jembatan tersebut, kendaraan konstruksi berlalu-lalang, di bawah jembatan ada jurang sedalam 300 meter seperti dikutip dari Kumparan.com.

Melansir Rubicnews.com, awalnya jembatan ini dibangun untuk mengatasi masalah transportasi material yang dihadapi selama pembangunan Jembatan Shuangbao Chongqing di jalur ganda Jalan Tol Yuxiang.

Baca Juga: Presiden Palestina Mahmoud Akbar Dituduh Pro Israel, Benarkah?

Dilaporkan bahwa pembangunan Jembatan Tali Besi Dadonghe ini telah mengurangi jarak transportasi kendaraan konstruksi sampai batas tertentu dan sangat mempersingkat masa konstruksi proyek.

Jika tidak ada Jembatan Tali Besi Dadonghe, pengangkutan material untuk Jembatan Shuangbao Chongqing akan menjadi masalah besar dalam konstruksi, yang dapat menyebabkan masa konstruksi lebih lama. (C)

Penulis: Nur Khumairah Sholeha Hasan

Editor: Kardin

 

* BACA BERITA TERKINI LAINNYA DI GOOGLE NEWS

Artikel Terkait
Baca Juga