China Keluarkan Larangan Anak Sekolah Diberi Banyak PR

Ibnu Sina Ali Hakim, telisik indonesia
Minggu, 24 Oktober 2021
0 dilihat
China Keluarkan Larangan Anak Sekolah Diberi Banyak PR
China larang anak sekolah diberi PR banyak. Foto: Repro AFP

" Pemerintahan Xi Jinping mengesahkan undang-undang pendidikan baru di China. "

BEIJING, TELISIK.ID - Pemerintahan Xi Jinping mengesahkan undang-undang pendidikan baru di China.

UU ini berupaya untuk mengurangi pekerjaan rumah (PR) dan bimbingan belajar anak sekolah di negeri itu, akhir pekan dan hari libur.

Aturan ini ditetapkan di tengah kekhawatiran tentang beban akademik yang berat dan membuat anak-anak menjadi kewalahan.

Baca juga: Erdogan Usir Amerika dan Sembilan Negara Barat dari Turki

Baca juga: Waduh, China dan AS Saling Ancam Terkait Taiwan

Dilansir dari Cnbcindonesia, pemerintah pusat juga akan memberi wewenang kepada pemerintah daerah untuk memastikan bahwa "tekanan ganda benar-benar turun" terhadap para siswa.

Selain itu, UU ini juga akan mendesak orang tua untuk mengatur waktu anak-anak beristirahat dan berolahraga dengan wajar. Di samping itu, aturan juga diminta untuk menghindari penggunaan internet yang berlebihan terhadap anak.

Dalam beberapa bulan terakhir dikutip Reuters, Kementerian Pendidikan China memang telah membatasi jam bermain game untuk anak di bawah umur. Kebijakan ini akan membatasi waktu mereka untuk bermain game online selama satu jam pada hari Jumat, Sabtu, dan Minggu saja.

Ketegasan ini dilakukan lantaran menilai selama ini anak-anak telah kecanduan. Aturan sama juga berlaku bagi pemujaan buta ke selebriti di internet yang disebut China, bentuk candu spiritual.

Saat ini, parlemen China juga telah menyebutkan akan mempertimbangkan undang-undang untuk menghukum orang tua jika anak-anak mereka menunjukkan perilaku yang sangat buruk atau melakukan kejahatan. (C)

Reporter: Ibnu Sina Ali Hakim

Editor: Haerani Hambali

Artikel Terkait
Baca Juga