China Kembangkan Robot AI Atasi Parkir Liar, Bisa Pindahkan Mobil dalam 20 Detik

Nur Khumairah Sholeha Hasan, telisik indonesia
Kamis, 16 November 2023
0 dilihat
China Kembangkan Robot AI Atasi Parkir Liar, Bisa Pindahkan Mobil dalam 20 Detik
Robot Stereo Parking dibuat oleh Shenzhen Shanyi Technologies dan disebut mampu secara efisien memindahkan mobil hanya dalam 20 detik saja. Foto: Kolase

" Di Indonesia, penertiban mobil parkir liar biasanya ditangani oleh Dinas Perhubungan (Dishub) setempat. Penertiban yang dilakukan biasanya digembok menggunakan kunci atau gembok roda khusus "

TIONGKOK, TELISIK.ID - Di Indonesia, penertiban mobil parkir liar biasanya ditangani oleh Dinas Perhubungan (Dishub) setempat. Penertiban yang dilakukan biasanya digembok menggunakan kunci atau gembok roda khusus.

Selain kena apes, pemilik mobil parkir liar juga harus membayar denda Rp 500 ribu untuk melepaskan gembok dari roda mobil. Selain itu penertiban juga bisa dilakukan dengan cara menderek mobil tersebut ke kantor dinas setempat.

Namun hal itu tak berlaku di China, penertiban mobil parkir liar ternyata dilakukan dengan cara yang lebih canggih yakni menggunakan Artificial Intelligence (AI) alias kecerdasan buatan.

Baca Juga: Tak Perlu Dokter, Robot AI Bisa Kenali dan Diagnosa Berbagai Penyakit

Selain canggih, metode menggunakan robot ini tentunya lebih aman dan tidak merusak komponen mobil, alih-alih menggunakan gembok roda seperti dikutip dari Wartaglobal.id.

Robot berbentuk papan datar itu masuk ke bagian kolong kendaraan untuk menjepit roda mobil, mengangkatnya, dan memindahkan posisi ke mobil ke tempat lain. Meskipun berfungsi secara otonom, tampak dalam video tetap ada petugas yang mengawasi penggunaan robot pemindah parkir mobil liar ini.

Melansir Post.modoc.id, usut punya usut, robot yang disebut 'Robot Stereo Parking' itu dibuat oleh Shenzhen Shanyi Technologies dan disebut mampu secara efisien memindahkan mobil hanya dalam 20 detik. Robot ini tentunya jauh lebih efisien ketimbang memakai mobil derek dengan proses yang merepotkan.

Baca Juga: Inggris Gunakan Robot AI jadi Asisten Kepsek dan Guru

Robot ini akan mengambil alih kendali kendaraan mereka dengan hati-hati. Robot-robot ini memiliki kemampuan untuk membawa muatan maksimum seberat 2,3 ton dan dapat menyesuaikan posisi lengan mereka dengan akurasi sekitar 20 mm, memastikan parkir yang presisi dan aman.

Solusi pemindahan mobil parkir liar menggunakan robot ini dianggap cocok untuk diaplikasikan di area lalu lintas statis yang tidak memiliki ruang parkir luas. Misalnya di area kantor komersial, bandara, stasiun kereta, rumah sakit dan area perumahan. (C)

Penulis: Nur Khumairah Sholeha Hasan

Editor: Kardin

 

* BACA BERITA TERKINI LAINNYA DI GOOGLE NEWS

Baca Juga