Curah Hujan Bulan Mei Lebih Tinggi, Masyarakat Diminta Waspada

Andi Sulthan Mujahidin, telisik indonesia
Rabu, 28 April 2021
0 dilihat
Curah Hujan Bulan Mei Lebih Tinggi, Masyarakat Diminta Waspada
Ilustrasi cuaca buruk. Foto: Repro iNews

" Memasuki tanggal 2 Mei potensi hujan mulai meningkat, ini perlu diperhatikan oleh masyarakat "

KENDARI, TELISIK.ID - Potensi Hujan akan meningkat pada bulan Mei, bahkan peningkatan curah hujan ini lebih tinggi ketimbang bulan April.

Kepala Stasiun Mteorologi Maritim Kendari, Sugeng mengimbau masyarakat lebih berhati-hati dalam beraktivitas bahkan sebelum dan sesudah hari raya Idul Fitri.

"Memasuki tanggal 2 Mei potensi hujan mulai meningkat, ini perlu diperhatikan oleh masyarakat," ungkapnya, Rabu (28/4/2021).

Sugeng melanjutkan, untuk Sultra, bulan Mei tanggal 1-10, curah hujannya lebih tinggi ketimbang bulan April lalu, dan akan meningkat hingga pada tanggal 20 Mei nantinya.

Baca Juga: Polri: Tak Ada Lagi Tempat Bagi KKB di Papua

"Tesarian satu lebih tinggi ketimbang April lalu dan akan meningkat lagi pada tesarian dua," terangnya.

Ia melanjutkan, untuk tinggi gelombang laut sendiri sampai 30 April masih relatif bagus dan masih kurang dari 0,75 Meter. Tetapi pada tanggal 1 Mei nanti, tinggi gelombang laut mulai meningkat utamanya di laut banda bagian barat perairan Selatan timur Wakatobi.

"Di awal Mei nanti, tinggi gelombang laut bisa mencapai 2 meter," ujarnya.

Sugeng melanjutkan, pada bagian wilayah darat, karena potensi hujan maka potensi angin yang dikeluarkan oleh aawan-awam Culumonimbus akan lebih kencang dari biasanya.

Baca Juga: Selain Ruang Kerja DPR, KPK Juga Geledah Rumah Azis Syamsuddin

Olehnya itu, sugeng mengimbau kepada masyarakat, khusunya Kota Kendari, agar lebih berhati-hati di bulan Mei karena potensi curah hujan meningkat.

"Saat awan-awan sydney atau culumonimbus bermunculan, sebelum menurunkan hujan terlebih dahulu akan melepas energi angin. Ini yang perlu diperhatikan oleh masyarakat dan lebih berhati-hati," pungkasnya. (B)

Reporter: Andi Sulthan Mujahidin

Editor: Fitrah Nugraha

TAG:
Baca Juga