Daftar 10 Negara Pengelola Sampah Terbaik di Dunia

Adinda Septia Putri, telisik indonesia
Selasa, 01 Agustus 2023
0 dilihat
Daftar 10 Negara Pengelola Sampah Terbaik di Dunia
Korea Selatan masuk dalam daftar negara pengelola sampah terbaik di dunia. Foto: Akurat.co

" Pencemaran lingkungan dan kerusakan alam kini jadi isu yang ditanggapi serius oleh pemerintah di berbagai negara. Banyak dari mereka mencanangkan program pembangunan keberlanjutan demi menyelamatkan bumi "

KENDARI, TELISIK.ID - Pencemaran lingkungan dan kerusakan alam kini jadi isu yang ditanggapi serius oleh pemerintah di berbagai negara. Banyak dari mereka mencanangkan program pembangunan keberlanjutan demi menyelamatkan bumi.

Dilansir dari Kompas.com, selama beberapa dekade terakhir, ada dorongan yang luar biasa untuk pengelolaan sampah, mengontrol polusi plastik di laut, dan tingkat daur ulang di seluruh dunia.

Negara-negara Eropa, menurut Environmental Performance Index (EPI), melakukannya lebih baik dibanding sebagian besar belahan dunia lainnya.

EPI menetapkan kategori isu pengelolaan dalam mengenali ancaman sampah terhadap kesehatan manusia dan lingkungan dengan mendasarkan pada tiga indikator: limbah padat terkendali, tingkat daur ulang, dan pengelolaan polusi plastik laut.

Baca Juga: Sejarah Barbie: Terinspirasi dari Boneka Seks

Austria, misalnya, pada kategori tingkat daur ulang, memiliki skor tinggi. Sebanyak 54 persen limbahnya telah didaur ulang.

Austria meningkatkan persentase limbah yang didaur ulang dengan memberlakukan larangan total pada produk tertentu yang berakhir di tempat pembuangan akhir sampah (TPA). Secara umum, setiap produk yang memiliki tingkat emisi karbon organik total lebih tinggi dari lima persen tidak diperbolehkan masuk ke TPA.

Sampah ini harus didaur ulang dengan cara tertentu. Jenis undang-undang yang ketat ini telah menyebabkan peningkatan yang signifikan dalam tingkat daur ulang di Austria selama beberapa tahun terakhir. Ada beberapa negara lain di Eropa yang mengikuti.

Bagaimana dengan Amerika Serikat? Negara ini tidak mendaur ulang limbah sebanyak negara-negara lain di dunia. Sulit memperkirakan jumlah total limbah yang didaur ulang di Amerika Serikat karena dikontrol di tingkat negara bagian.

Tidak banyak peraturan dan regulasi di tingkat federal. Oleh karena itu, ada beberapa negara bagian yang melakukan pekerjaan daur ulang yang jauh lebih baik daripada yang lain. Selain itu, hanya karena seseorang di Amerika Serikat memasukkan sesuatu ke tempat sampah tidak berarti itu akan didaur ulang.

Dikutip dari Jogja.tribunnews.com, berikut daftar EPI score 10 negara dengan pengolahan sampah terbaik di dunia selama 5 tahun terakhir:

Baca Juga: Bikin Geleng Kepala, Suku Muslim di Afrika Ini Bolehkan Wanita Seks Bebas

1. Luxembourg 79,10

2. Austria 77,40

3. Swiss 76,40

4. Republik Ceko 74,90

5. Islandia 73,90

6. Korea Selatan 72,00

7. Singapura 71,70

8. Swedia 70,80

9. Norwegia 70,70

10. Finlandia 69,60. (C)

Penulis: Adinda Septia Putri

Editor: Kardin

 

* BACA BERITA TERKINI LAINNYA DI GOOGLE NEWS

Artikel Terkait
Baca Juga