Daftar 5 Negara Termiskin di Dunia, Nomor 3 Pernah Jadi Bagian Indonesia

Nurdian Pratiwi, telisik indonesia
Minggu, 03 April 2022
0 dilihat
Daftar 5 Negara Termiskin di Dunia, Nomor 3 Pernah Jadi Bagian Indonesia
Timor Leste menjadi salah satu negara termiskin di dunia. Foto: Repro grid.id

" Negara-negara yang seringkali dikatakan sebagai negara termiskin adalah negara yang berada dalam krisis politik, termasuk konflik, kelaparan, dan perubahan iklim "

KENDARI, TELISIK.ID - Negara-negara yang seringkali dikatakan sebagai negara termiskin adalah negara yang berada dalam krisis politik, termasuk konflik, kelaparan, dan perubahan iklim.

Mungkin beberapa hal tersebutlah yang menjadi faktor sehingga negara tersebut terjebak dalam lingkungan kemiskinan. Selain itu, sumber daya ekonomi seperti pertanian, industri dan jasa yang tidak didukung dengan infrastruktur yang memadai, juga dapat menjadi faktor penyebabnya.

Sebaliknya negara terkaya di dunia adalah negara yang terkenal dengan kemajuan teknologi hingga tatanan ekonominya.

Lantas negara apa sajakah yang termasuk dalam 5 negara termiskin di dunia?

1. Burundi

Dikutip dari kompas.com-bussiness insider, kebanyakan negara yang termasuk dalam daftar termiskin di dunia jika dilihat dari tingkat PDB per kapita berada di Benua Afrika.

Menempati urutan pertama sebagai negara termiskin di dunia tahun 2020 berdasarkan data Dana Moneter Internasional (IMF) adalah Burundi.

Negara ini memiliki tingkat GDP-PPP sebesar 760 dollar AS dan menjadi negara termiskin di dunia. Dikutip dari situs Global Finance, negara kecil Burundi yang terkurung daratan, diliputi oleh konflik etnis Hutu-Tutsi dan perang saudara.

2. Sudan Selatan

Sudan Selatan adalah negara terbaru di dunia yang lahir pada 9 Juli 2011, dengan jumlah penduduk sekitar 11 juta orang.

Baca Juga: Yuk, Intip Tradisi Warga Palestina Saat Ramadan

Enam tahun setelah perjanjian yang mengakhiri konflik dengan Sudan, perang saudara terlama di Afrika. Tingkat GDP-PPP negara miskin di dunia ini adalah sebesar 791 dollar AS.

3. Timor Leste

Dilansir dari okezone.com, negara yang baru saja merdeka dari Indonesia pada tahun 2002 ini, merupakan negara setengah pulau di Pasifik Selatan yang masih berkembang.

Sistem hukum yang belum sempurna, tingkat melek huruf orang dewasa yang rendah namun membaik, dan khususnya infrastruktur telekomunikasi yang buruk sering disebut sebagai hambatan bagi pertumbuhan ekonomi.

Selain itu, Timor-Leste (juga disebut Timor Timur) mengekspor kopi dalam jumlah besar, serta marmer, kayu cendana, dan minyak dan gas dalam jumlah yang terus meningkat, banyak warganya masih bergantung pada pertanian subsisten. Menurut bank dunia, pendapatan Timor-Leste per tahun 2020 adalah USD1.381,17.

4. Somalia

Baca Juga: Ternyata Segini Gaji Sopir Truk di Kanada, Jangan Kaget

Tingkat GDP-PPP per kapita negara miskin di dunia ini hanya 925 dollar AS. Tiga dekade kekerasan dan konflik internal, kekeringan, dan banjir nampaknya menjadi faktor utama Somalia menjadi negara termiskin di dunia yang berpenduduk 16 juta orang.

5. Republik Afrika Tengah

Kaya akan emas, minyak, uranium, dan berlian, Republik Afrika Tengah adalah negara yang sangat kaya yang dihuni oleh orang-orang yang sangat miskin. Negara termiskin di dunia ini GDP-PPP per kapitanya hanya 979 dollar AS.

Namun setelah mengklaim gelar negara termiskin di dunia, negara berpenduduk hanya 4,75 juta ini menunjukkan beberapa tanda kemajuan. (C)

Reporter: Nurdian Pratiwi

Editor: Haerani Hambali

Artikel Terkait
Baca Juga