Daftar Negara Bangkrut Gegara Pinjam Uang ke China, Bagaimana Nasib Indonesia?

Nur Khumairah Sholeha Hasan, telisik indonesia
Kamis, 26 Januari 2023
0 dilihat
Daftar Negara Bangkrut Gegara Pinjam Uang ke China, Bagaimana Nasib Indonesia?
Perekonomian Sri Lanka bangkrut serta anjlok ke titik terendah lantaran pemerintah gagal membayar utang luar negeri hingga ratusan triliun rupiah. Foto: Repro Bisnis.com

" Beberapa negara di dunia dilaporkan justru terjebak utang tersebut karena tak mampu membayarnya. Adapun, negara itu dikenal sebagai pemberi utang melalui skema Belt and Road Initiative (BRI) "

JAKARTA, TELISIK.ID - Beberapa negara dilaporkan gagal atau tak mampu membayar utang ke China. Dana yang diberikan Negeri Tirai Bambu biasanya digunakan untuk proyek pembangunan infrastruktur negara-negara peminjam.

Namun, beberapa negara di dunia dilaporkan justru terjebak utang tersebut karena tak mampu membayarnya. Adapun, negara itu dikenal sebagai pemberi utang melalui skema Belt and Road Initiative (BRI).

Mengutip Cnnindonesia.com, menurut laporan Bank Dunia tahun lalu, China telah muncul sebagai pemberi utang terbesar negara-negara penghasilan rendah hingga menengah. Utang gabungan negara-negara itu ke Negeri Tirai Bambu mencapai US$170 miliar pada akhir 2020, lebih dari tiga kali lipat dibandingkan pada 2011.

Berikut negara yang kini terjebak utang China dilansir dari Cnbcindonesia.com, yaitu:

1. Sri Lanka

Sejauh ini, baru satu negara yang benar-benar jatuh dalam utang China, yaitu Sri Lanka. Negeri itu gagal melunasi kewajibannya dalam mengembalikan dana pembangunan Pelabuhan Hambantota.

Pelabuhan itu dibangun pada 2008 dengan bantuan dana segar dari China sebesar US$ 361 juta (Rp 5 triliun). Di 2016, Kolombo akhirnya menyerahkan pelabuhan itu kepada perusahaan China untuk mengelolanya.

Baca Juga: 9 Negara Ini Terancam Bangkrut Seperti Sri Lanka, Ada Mesir dan Turki

Sri Lanka juga akan memindahkan angkatan lautnya. Sejumlah pihak meyakini, hal itu akan membuka peluang bagi China untuk menguasai gerak-gerik tentara Sri Lanka. Sri Lanka sendiri saat ini tengah bergelut dengan krisis. Krisis ekonomi juga telah menjalar ke politik yang menginginkan rezim diganti.

2. Zimbabwe

Peneliti di Institute dor Development of Economics and Finance (Indef) Rizal Taufikurahman pernah mengatakan bagaimana sebuah negara yang mengalami gagal bayar utang. Dalam penjelasannya pada 2018 lalu salah satunya Zimbabwe seperti dikutip dari Detik.com.

"Jadi ada bad story dan success story, yang bad story itu Angola, Zimbabwe, Nigeria, Pakistan dan Sri Lanka," katanya, 21 Maret 2018 silam.

Seperti diketahui, sejak 1998, Zimbabwe mengirim pasukan dan membeli peralatan dari China untuk membantu Presiden Laurent Kabali melawan pemberontak Uganda dan Rwanda. Untuk membiayai semua aktivitas tersebut, Zimbabwe harus berutang kepada China dengan akumulasi nilai hingga mencapai US$ 4 juta atau Rp 54,8 miliar (kurs Rp 13.700 kala itu).

3. Nigeria

Bangkrut juga dirasakan Nigeria dimana model pembiayaan melalui utang yang disertai perjanjian merugikan negara penerima pinjaman dalam jangka panjang. China mensyaratkan penggunaan bahan baku dan buruh kasar asal China untuk pembangunan infrastruktur di Nigeria.

Baca Juga: Sri Lanka Bangkrut, Ini Pelajaran Bagi Indonesia

"Mereka membangun proyek infrastrukturnya lewat utang, akhirnya mereka tidak bisa bayar utang. Banyak beberapa negara, di antaranya Angola mengganti nilai mata uangnya. Zimbabwe juga," ujar dia.

4. Indonesia

Dikutip dari Cnbcindonesia.com, berdasarkan data Statistik Utang Luar Negeri Indonesia (SULNI) periode Februari 2022, China adalah pemberi utang terbesar keempat buat Indonesia. Bersama dengan Singapura, Amerika Serikat (AS), dan Jepang.

Pada Februari 2022, ULN Indonesia dari China tercatat US$ 20,78 miliar. Naik 0,76?ri bulan sebelumnya (month-on-month/mtm). Dalam periode yang sama, ULN dari Singapura turun 0,75%, dari AS turun 0,22%, dan Jepang turun 0,91%. (C)

Penulis: Nur Khumairah Sholeha Hasan

Editor: Haerani Hambali

 

* BACA BERITA TERKINI LAINNYA DI GOOGLE NEWS

Artikel Terkait
Baca Juga