Danau Anano Tei, Danau Air Asin yang Memukau

Mutarfin, telisik indonesia
Jumat, 13 November 2020
0 dilihat
Danau Anano Tei, Danau Air Asin yang Memukau
Danau Anano Tei di Buton Tengah. Foto: Mutarfin/Telisik

" Iya, benar bahwa danau anano tei ini adalah danau yang airnya itu asin. "

BUTON TENGAH, TELISIK.ID - Membahas potensi pariwisata Buton Tengah (Buteng) tidak akan ada habisnya. Keindahan alam pulau Buteng tak henti-hentinya memberikan keindahan alamnya yang mempesona, salah satunya danau anao tei.

Kepala Dinas Pariwisata Buton Tengah, Wujuddin mengatakan, saat ini Buton Tengah yang dijuluki negeri 1000 gau akhirnya memiliki danau yang eksotis, dan itu adalah danau anano tei dan airnya asin.

"Iya, benar bahwa danau anano tei ini adalah danau yang airnya itu asin," ungkapnya, Jumat (13/11/2020).

 

Sejumlah pengunjung yang menikmati Danau Anano Tei. Foto: Ist.

 

Ia menambahkan, hal yang unik dari destinasi wisata ini (danau anano tei) tidak jauh dangan pantai mutiara, yang jika mendengar nama pantai mutiara pasti tidak asing lagi, hanya berseberang jalan sehingga untuk ke sana pengunjung bisa langsung menikmati dua destinasi wisata secara langsung.

Ia juga mengatakan, untuk lebih menunjang kelengkapan sarana prasarana di danau anano tei ini seperti wahana air, tempat-tempat spot foto, pihak Pemda telah menganggarkan itu di tahun anggaran 2020.

Namun, untuk saat ini tetap ada pembangunan gazebo dan sarana lainya di tempat wisata tersebut.

Baca juga: Permandian Gumanano, Destinasi Wisata yang Patut Anda Kunjungi

"Tahun ini ada DAK fisik itu ada pembangunan gazebo dan pembuatan dermaganya untuk sisi utara dan selatan guna sandarnya speda-speda air ini," ujarnya.

Selain itu, perlu diketahui bahwa di danau anano tei ini orang tidak bisa mandi karena lautnya itu berlumpur jadi yang menjadi andalkan adalah atraksi wahana air.

"Jadi yang kita mau siapkan di situ mudah mudahan tahun depan kita punya anggaran. Kita siapkan untuk permainan sepeda air, banana boat ataupun bebe air agar untuk orang bermain," imbuhnya.

Kadis Dispar Buteng ini juga menyampaikan, walau belum semegah dengan yang direncanakan tahun depan tapi danau anano tei ini sekarang sudah bisa di kunjungi. Apalagi banyak keindahan alam yang bisa dijadikan spot foto dengan berlatarkan air danau dengan perpaduan hutan mangrove.

Wujuddin berpesan, untuk pengunjung secara umum agar tetap menjaga keindahan alam ini dan dengan tetap memelihara fasilitas yang telah disediakan. (B)

Reporter: Mutarfin

Editor: Fitrah Nugraha

TAG:
Artikel Terkait
Baca Juga