adplus-dvertising

Dari Kupang, Jokowi Bertolak ke TTS Tinjau Penanganan Stunting

Berto Davids, telisik indonesia
Kamis, 24 Maret 2022
591 dilihat
Dari Kupang, Jokowi Bertolak ke TTS Tinjau Penanganan Stunting
Presiden menyambangi anak-anak stunting. Foto: BKKBN

" Tiba di Helipad halaman Kantor Bupati TTS, Jokowi langsung disambut oleh Bupati TTS, Egusem Pieter dan rombongan tarian telsain pengalungan natoni "

KUPANG, TELISIK.ID - Usai meresmikan wisata kelapa lima Kupang, Presiden Joko Widodo (Jokowi) dan Gubernur NTT, Viktor Laiskodat beserta rombongan lainnya bertolak ke Kabupaten Timor Tengah Selatan (TTS) dengan menumpangi helikopter, Kamis (24/3/2022).

Tiba di Helipad halaman Kantor Bupati TTS, Jokowi langsung disambut oleh Bupati TTS, Egusem Pieter dan rombongan tarian telsain pengalungan natoni.

Setelah mengikuti beberapa rangkaian, Jokowi langsung mengunjungi Desa Kesetnana, Kecamatan Mollo Selatan, Soe untuk meninjau penanganan stunting di wilayah itu.


Berdasarkan catatan BKKBN, stunting di wilayah itu dipicu karena warga kurang mendapatkan akses air bersih, faktor ekonomi, kurangnya pendidikan serta jamban yang layak.

Desa Kasetnana menjadi gambaran umum dari 278 desa yang ada di TTS dengan prevelansi stunting tertinggi menurut SSGI. Bahkan angka tersebut tertinggi di Indonesia mencapai 48,3 persen.

Baca Juga: Gelar Demo, Frontal Jatim Tolak Aplikasi Ojol Baru Dinilai Nakal

Desa yang berada di Kabupaten TTS ini menjadi satu-satunya desa yang menyumbang angka stunting tertinggi, sehingga hal tersebut jadi alasan presiden berkunjung langsung memantau penanganan stunting di sana.

Pada kesempatan tersebut, Jokowi menyambangi langsung Ibu dan anak-anak stunting yang berkumpul dalam tempat acara yang digelar BKKBN itu.

Baca Juga: Pakai Pesawat Indonesia-1, Presiden Dijadwalkan Terbang Malam Ini ke NTT

Presiden menekankan pentingnya kualitas SDM untuk menentukan maju tidaknya TTS dalam menangani stunting.

"SDM ini yang paling penting yah. Perbaiki kualitas SDM agar stunting dapat teratasi" katanya. (C)

Reporter: Berto Davids

Editor: Kardin

Artikel Terkait
Baca Juga