Debat Bacapres di UI, Ganjar dan Prabowo Berhalangan Hadir, Anies Siap

Mustaqim, telisik indonesia
Rabu, 13 September 2023
0 dilihat
Debat Bacapres di UI, Ganjar dan Prabowo Berhalangan Hadir, Anies Siap
Ganjar Pranowo dan Prabowo Subianto tak bisa hadir dalam debat bacapres yang diselenggarakan BEM UI, hanya Anies Baswedan yang siap hadir. Foto: Kolase

" Debat bakal calon presiden (bacapres) oleh Badan Eksekutif Mahasiswa Universitas Indonesia (BEM UI) yang direncanakan berlangsung Kamis (14/9/2023), terpaksa ditunda. Penundaan itu dikarenakan dua dari tiga bacapres menyatakan tidak bisa hadir "

JAKARTA, TELISIK.ID - Debat bakal calon presiden (bacapres) oleh Badan Eksekutif Mahasiswa Universitas Indonesia (BEM UI) yang direncanakan berlangsung Kamis (14/9/2023), terpaksa ditunda. Penundaan itu dikarenakan dua dari tiga bacapres menyatakan tidak bisa hadir.  

Dua bacapres yang berhalangan hadir yakni Ganjar Pranowo dan Prabowo Subianto. Ganjar berhalangan hadir karena akan menjalankan ibadah umroh dari 10-16 September 2023. Prabowo Subianto juga dikabarkan berhalangan, karena harus menghadiri tugas kenegaraan di luar negeri.

Agenda ‘tantangan' debat mulai dilayangkan BEM UI sejak Agustus 2023 lalu. Dalam keterangan resminya, BEM UI mengatakan, sudah mengirimkan undangan fisik pada rumah pemenangan ketiga bacapres yakni Anies Baswedan, Ganjar Pranowo, dan Prabowo Subianto.

“Akan tetapi, dalam perjalanannya, kami menemukan bahwa hanya terdapat satu dari tiga bakal calon presiden yang dapat hadir," demikian keterangan BEM UI dalam rilis yang diterima Telisik.id, Rabu (13/9/2023).

Baca Juga: Dikabarkan Nyalon Bupati, Ketua DPRD Wakatobi Hamirudin: Fokus Layani Rakyat

Anies sendiri sebelumnya sudah menyatakan siap untuk hadir. Namun, karena dua bacapres lainnya berhalangan hadir sehingga BEM UI memutuskan untuk menunda kegiatan debat bacapres sampai waktu yang ditentukan.

“Untuk menjaga netralitas kompetisi politik dan menjaga esensi dari penyelenggaraan kegiatan ini, kami memutuskan untuk menunda kegiatan adu gagasan bakal calon Presiden 2024,” jelas BEM UI.

BEM UI menargetkan debat bertajuk adu gagasan itu dilaksanakan paling lambat pada akhir September 2023. Sembari menanti, BEM UI dan Aliansi BEM se-UI sedang menyusun kajian berdasarkan rumpun ilmu masing-masing.

“Pada kajian ini, kami sisipkan rekomendasi kebijakan yang kami pandang strategis untuk digunakan bagi Presiden terpilih nanti,” ujarnya.

Oleh karena itu, BEM UI menunggu kesiapan ketiga bacapres untuk mendengar dan menjawab aspirasi mahasiswa demi masa depan bangsa.

Debat capres ini beriringan dengan dikeluarkannya Putusan Mahkamah Konstitusi (MK) Nomor 65/PUU-XXI/2023 terkait Pasal 280 ayat (1) huruf h UU Pemilu. Dalam putusan tersebut, dikatakan pembolehan kampanye di fasilitas pemerintah dan tempat pendidikan, selama mendapat izin dari penanggung jawab serta tanpa atribut kampanye pemilu.

Kepala Hubungan Masyarakat (Humas) Universitas Indonesia, Amelita Lusia mengatakan, UI menghormati kebebasan akademik civitas akademiknya untuk berdiskusi.

“Jika pada waktunya nanti di dalam kampus akan dibahas berbagai gagasan para tokoh bangsa tentang masa depan Indonesia, maka seyogyanya penelaahannya dilakukan secara ilmiah dalam koridor kegiatan akademik,” jelasnya seperti dikutik detik.com, Rabu (13/9/2023).

Baca Juga: Kursi Ketua Golkar Sulawesi Tenggara Digoyang, Herry Asiku Sebut Isu Murahan

Menanggapi debat capres akan terlaksana di UI, Amelita mengingatkan, periode pendaftaran calon presiden dan calon wakil presiden belum dimulai.

"Dengan demikian kegiatan-kegiatan yang mungkin berlangsung dalam beberapa bulan sebelum adanya penetapan capres-cawapres belum merupakan kampanye capres-cawapres," ujarnya.

Hingga saat ini, UI masih menunggu arahan dari Kemendikbudristek terkait kebijakan kampanye di lingkungan perguruan tinggi.

"Sebagai perguruan tinggi negeri, UI selalu merujuk pada peraturan perundang-undangan yang berlaku di wilayah Republik Indonesia, termasuk berkaitan dengan Pemilu. Juga pada kebijakan Kemendikbudristek RI yang pada waktunya nanti tentu akan memberi arahan berkaitan dengan kampanye Pilpres 2024," tegas Dosen Vokasi UI itu. (B)

Reporter: Mustaqim

Editor: Kardin

 

* BACA BERITA TERKINI LAINNYA DI GOOGLE NEWS

Baca Juga