Debit Air Jompi Muna Menurun Drastis

Sunaryo, telisik indonesia
Sabtu, 12 Agustus 2023
0 dilihat
Debit Air Jompi Muna Menurun Drastis
Mata air Jompi yang merupakan sumber air bersih masyarakat Kota Raha. Foto : Ist.

" Penyebab menurunnya debit air, selain karena kawasan hutan lindung Warangga telah gundul, juga diakibatkan fenomena El Nino "

MUNA, TELISIK.ID - Musim kemarau yang melanda Kabupaten Muna membuat sumber air bersih pada mata air Jompi dan sumur-sumur masyarakat berkurang. Di Jompi, debit mata air menurun drastis.

"Berkurang sekitar 15 Cm," kata Muhamad Nurhayat Fariki, Direktur PDAM Tirta Sugi Laende, Sabtu (12/8/2023).

Pria yang karib disapa Yayat itu mengaku, penyebab menurunnya debit air, selain karena kawasan hutan lindung Warangga telah gundul, juga diakibatkan fenomena El Nino.

Baca Juga: Taman Mulai Indah, Giliran Sampah di Muna Dikeroyok

Katanya, Persatuan Perusahaan Air Minum Seluruh Indonesia (Perpamsi) telah mengingatkan seluruh PDAM agar mewaspadai fenomema El Nino dalam mengantisipasi air minum. Pihaknya pun, telah melakukan langkah-langkah koordinasi dengan Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Muna dan Dinas Kehutanan UPTD Kesatuan Pengelolaan Hutan (KPH) Unit IV Pulau Muna.

"Kita koordinasikan agar dilakukan pendataan wilayah-wilayah yang debit airnya berkurang dan mencegah perambahan kawasan hutan," terangnya.

Baca Juga: Disperdagin Muna Keciprat Dana TP Rp 2,7 Miliar Bangun Pasar Pure

Sementara itu, Kepala KPH Pulau Muna, LM Nur Ramadhan Abidin mengatakan untuk mengantisiapsi perambahan hutan, pihaknya telah melakukan patroli dan pemasangan papan pengumuman larangan sesuai arahan Gakum. Namun, papan pengumuman itu selalu di robohkan oleh oknum-oknum tidak bertanggungjawab.

"Kami sama sekali tidak pernah melakukan pembiaran, kawasan hutan Jompi dan Warangga dirambah untik dijadikan lahan perkebunan," tegasnya.

Ia menghimbau agar masyarakat tidak lagi membuka lahan di kawasan hutan, karena akan berdampak pada menurunya debit air di Jompi. (B)

Penulis : Sunaryo

Editor: Adinda Septia Putri

 

* BACA BERITA TERKINI LAINNYA DI GOOGLE NEWS 

Baca Juga