Delapan Aplikasi Online Siap Berjalan di Muna Barat

Putri Wulandari, telisik indonesia
Selasa, 13 Desember 2022
0 dilihat
Delapan Aplikasi Online Siap Berjalan di Muna Barat
Penyerahan cendera mata dari Pemda Muna Barat bagi pihak Kabupaten Bandung. Foto: Putri Wulandari/Telisik

" Kurangnya tingkat kedisiplinan Aparatur Sipil Negara (ASN), membuat pemerintah daerah akan pantau pergerakan ASN melalui CCTV "

MUNA BARAT, TELISIK.ID - Kurangnya tingkat kedisiplinan Aparatur Sipil Negara (ASN), membuat pemerintah daerah akan pantau pergerakan ASN melalui CCTV.

Penjabat (Pj) Bupati Muna Barat, Bahri mengatakan, pemasangan alat kontrol itu akan diberlakukan pada semua SKPD dan akan terkoneksi di ruang kerjanya.

"Supaya saya bisa pantau kinerjanya," ungkapnya, Selasa (13/12/2022).

Baca Juga: PAD Bombana Terus Meningkat Tahun Ini Capai Rp 22 Miliar

Dikatakannya, tujuan dari pemasangan alat kontrol itu hanya untuk meningkatkan disiplin kerja ASN, agar tiap program kerja dan pelayanan terhadap masyarakat dapat berjalan baik, mengingat pemerintah daerah telah memberikan TPP bagi ASN maka kinerja ASN harus ditingkatkan lagi.

Untuk diketahui, pemerintah daerah juga launching delapan aplikasi berbasis digital, yaitu Daftar Hadir Elektronik (DHE), Sistem Informasi Disiplin dan Kinerja (Sidipraja), E-Office, Aplikasi informasi Kelitbangan (APIK) Muna Barat.

Selain itu, ada aplikasi Survei Kepuasan Masyarakat (SKM), aplikasi Probity dan Sistem Informasi Perkembangan Harga Pangan Daerah (Sipengharapan).

Delapan aplikasi tersebut merupakan hasil replikasi dari Kabupaten Bandung. Untuk itu, pihak pemerintah daerah mengapresiasi dan mengucapkan terima kasih kepada Pemerintah Kabupaten Bandung yang telah menyetujui kerjasama, serta itu juga bagian dari amanat Perpres Nomor 39 Tahun 2018 tentang Satu Data Indonesia.

"Ini bagian dari reformasi birokrasi untuk saling berinteraksi dan berbagi data," ujarnya.

Baca Juga: PT SMI Transfer Sisa Dana Pinjaman Pemkab Muna 28 Desember

Sementara itu, Kadis Kominfo Bandung, H. Yudi Abdul Rahman yang turut hadir dalam pelaunchingan aplikasi online di Muna Barat mengatakan, adanya sistem seperti itu dapat mempermudah untuk menjangkau atau melihat ketepatan waktu ASN pada saat kerja.

Ia juga mengatakan, aplikasi yang diadopsi oleh kabupaten belum sampai pada sistem pembacaan karakter wajah yang berhubungan langsung dengan NIK ASN.

"Yang penting kita membiasakan diri dulu gunakan absen digital," ungkapnya. (B)

Penulis: Putri Wulandari

Editor: KardinĀ 

* BACA BERITA TERKINI LAINNYA DI GOOGLE NEWS

Artikel Terkait
Baca Juga