Delapan Rumah Hangus Dilahap Si Jago Merah, 30 Kepala Keluarga Terlantar

Haidir Ali, telisik indonesia
Kamis, 02 Juni 2022
0 dilihat
Delapan Rumah Hangus Dilahap Si Jago Merah, 30 Kepala Keluarga Terlantar
Kondisi rumah warga RT 12/RW 03, Kelurahan Bungkutoko, Kecamatan Nambo, Kota Kendari yang telah hangus dilahap api. Foto: Haidir Ali/Telisik

" Delapan rumah warga di Kelurahan Bungkutoko, Kecamatan Nambo, Kota Kendari, rata dengan tanah akibat dilahap si jago merah "

KENDARI, TELISIK.ID - Delapan rumah warga di Kelurahan Bungkutoko, Kecamatan Nambo, Kota Kendari, rata dengan tanah akibat dilahap si jago merah, Kamis (2/6/2022) pukul 16.30 Wita. Tidak ada barang dan harta berharga yang dapat diselamatkan, seluruhnya hangus terbakar.

Seperti diungkapkan salah seorang saksi yang juga ketua RT 12 RW 03 Kelurahan Bungkutoko, Kecamatan Nambo, Kota Kendari, Ismail Wali. Ia mengatakan awalnya, saat sedang berada di tempat kerja yang tidak jauh dari tempat tinggalnya, ia mendapati telepon miliknya berdering setelah dilihatnya ternyata istrinya yang menelpon dan memberitahu bahwa ada kebakaran.

Ia bergegas menuju tempat terjadinya kebakaran, yang hanya berjarak sekitar 200 meter dari rumahnya, ia mendapati kobaran api yang begitu besar melahap beberapa rumah warganya yang juga merupakan tetangganya tersebut. sontak saja ia langsung menginstruksikan warga lainya untuk segera menghalau sebaran api yang akan merembes ke rumah lainya.

"Pas saya tiba itu jam 5 sore tadi sudah 6 rumah yang terbakar, saya suruh mereka yang sudah lebih dulu menyiram kobaran api, di bagian yang rentan terbakar," tuturnya.

Ia juga mengatakan, karena hanya mengandalkan alat seadanya untuk memadamkan api, ditambah lagi angin yang bertiup sangat kencang, menyebabkan dua rumah lagi terbakar rata dengan tanah. Di sisi lain pihaknya menunggu tim pemadam kebakaran yang sudah terlebih dahulu dihubungi untuk segera ke lokasi kebakaran katanya.

Baca Juga: Ibu yang Butuh Keadilan Akhirnya Didampingi Pengacara

"Dua jam saya di lokasi kebakaran mobil pemadam kebakaran baru datang, setelah sekitar 1 jam mereka memadamkan api terlihat ada 8 rumah yang terbakar tanpa sisa dan 2 rumah itu terdampak hanya sebagian saja yang terbakar," ujarnya kepada tim Telisik.id.

Ia menduga kebakaran terjadi karena korsleting listrik dari salah satu rumah yang juga korban kebakaran tersebut. Ia menambahkan ada sekitar 30 kepala keluarga yang menjadi korban dari 8 rumah yang habis dilahap si jago merah tersebut.

Baca Juga: Penuhi Panggilan KPK, Bendahara PBNU Jelaskan Persoalan dengan Raja Batubara Kalimantan

"Alhamdulillah tidak ada korban jiwa, sedangkan kerugian materi kita belum bisa pastikan berapa kerugiannya para korban ini," katanya.

Ia mengaku saat ini pihaknya sedang berkoordinasi dengan pihak pemerintah baik itu kelurahan dan Kecamatan setempat bahkan pihak Pemerintah Kota Kendari agar segera memperhatikan para warga yang menjadi korban kebakaran. Pihaknya berharap para korban kebakaran segera dibantu sebab para korban tidak satupun yang tersisa selain pakaian dikenakan oleh para korban.

"Tadi di lokasi Adami dari pihak Dinas Sosial kita berharap yang terpenting itu bantuan tenda, pakaian, bahan makanan, dan juga genset karena disini gelap," tutupnya. (A)

Penulis: Haidir Ali

Editor: Musdar

Baca Juga