Demo di Kejati Sulawesi Tenggara Ricuh

Thamrin Dalby, telisik indonesia
Senin, 05 Juni 2023
0 dilihat
Demo di Kejati Sulawesi Tenggara Ricuh
Kericuhan yang terjadi di depan Kejati Sulawesi Tenggara antara massa dengan pihak keamanan Kejati. Foto: Thamrin Dalby/Telisik

" Demonstrasi yang terjadi di Kejaksaan Tinggi (Kejati) Sulawesi Tenggara berujung ricuh, yang dipicu aksi rebutan ban mobil bekas yang hendak dibakar oleh massa, namun dihalangi oleh petugas Kejati "

KENDARI, TELISIK.ID - Demonstrasi yang terjadi di Kejaksaan Tinggi (Kejati) Sulawesi Tenggara berujung ricuh, yang dipicu aksi rebutan ban mobil bekas yang hendak dibakar oleh massa, namun dihalangi oleh petugas Kejati, Senin (5/6/2023).

Demo yang dilakukan oleh Lumbung Imformasi Rakyat (LIRA) Kabupaten Konawe, terus memaksakan masuk untuk bertemu dengan Kajati Sulawesi Tenggara, namun massa dihalangi oleh tim pengamanan.

Massa yang merasa kecewa, langsung melakukan pembakaran ban bekas di depan pintu Kejati, namun dihalangi oleh petugas keamanan, hingga kericuhan pun tak terelakan hingga nyaris terjadi bentrokan.

Baca Juga: Polda Sulawesi Tenggara Periksa Kondisi Kesehatan Personel

Dari keterangan Wakil Presidium LSM LIRA Konawe, Sumantri mengaku, pihaknya mendesak agar pihak Kejati Sulawesi Tenggara, agar segara turun ke lokasi untuk melakukan pemeriksaan atas hilangnya aset daerah yaitu Kantor Desa Puday.

"Kami meminta agar pihak kejaksaan segera melakukan penyelidikan atas hilangnya aset Kantor Desa Puday yang diganti menjadi Kantor Kecamatan Wongeduku Barat. Kami mengidentifikasikan ada penyimpangan dana, kurang lebih Rp 600 juta pada tahun 2018," ujar Sumantri.

"Selain itu, kepala desa saat ini, untuk menerima tamu terkadang di masjid atau di rumah pribadinya dalam melaksanakan aktifitasnya," tambah Sumantri.

Baca Juga: Rusak Mesin di Tengah Laut, Kapal Penumpang Mekar Teratai Gagal Berlabuh di Pelabuhan Raha

Sementra itu, massa yang diterima oleh Kasi Sospol Kejaksaan Tinggi Sulawesi Tenggara, Eky Muhammad Kasim mengaku, pihaknya telah mencoba untuk melakukan pemeriksaan dan meminta keterangan dari pihak demonstran dan akan menindak lanjuti kasus tersebut.

"Kami telah menerima laporan dan menanggapi dari pihak demonstran atas kasus tersebut. Pihak demonstran menyanggupi nenyiapkan orang-orang yang akan memberi keterangan," ujar Eky Muhammad Kasim. (A)

Penulis: Thamrin Dalby

Editor: Kardin

 

* BACA BERITA TERKINI LAINNYA DI GOOGLE NEWS

Baca Juga