Demokrat Siapkan AJB dan Cahwan Balon Bupati Muna, Darwin di Muna Barat

Sunaryo, telisik indonesia
Rabu, 29 November 2023
0 dilihat
Demokrat Siapkan AJB dan Cahwan Balon Bupati Muna, Darwin di Muna Barat
Ketua DPD Demokrat Sulawesi Tenggara, Muhamad Endang bersama balon Bupati Muna, Awal Jaya Bolombo dan Cahwan. Foto: Sunaryo/Telisik

" Pilkada Muna masih terbilang lama. Namun, DPD Demokrat Sulawesi Tenggara telah menyiapkan bakal calon (balon) bupati yang akan diusung nantinya "

MUNA, TELISIK.ID - Pilkada Muna masih terbilang lama. Namun, DPD Demokrat Sulawesi Tenggara telah menyiapkan bakal calon (balon) bupati yang akan diusung nantinya.

Di Kabupaten Muna, partai besutan Agus Harimurti Yudhoyono (AHY) itu telah memutuskan akan mengusung dua kadernya di Pilkada Muna. Adalah Ketua DPC Demokrat Muna yang juga Ketua Fraksi Demokrat DPRD, Awal Jaya Bolombo (AJB) dan Wakil Ketua DPRD, Cahwan.

"Keduanya kita suda siapkan menjadi balon Bupati Muna, tergantung dinamika politik, siapa nantinya yang akan diberikan rekomendasi," kata Ketua DPD Demokrat Sulawesi Tenggara, Muhamad Endang, Rabu (29/11/2023).

Mantan Wakil Ketua DPRD Sulawesi Tenggara itu menilai, sosok AJB dan Cahwan memiliki kapasitas, pengalaman dan kompetensi, sehingga diyakini mampu bisa memimpin Bumi Sowite.

Baca Juga: Isu Mutasi Santer, Plt Bupati Muna Pastikan Ada yang 'Diparkir'

AJB misalnya, posisinya sebagai ketua partai, anggota DPRD dan ketua fraksi yang memiliki elektabilitas serta memiliki visi misi dan platform yang baik, demi kecintaanya terhadap daerah.

Begitu pula dengan Cahwan yang memiliki pengalaman pernah sebagai Wakil Ketua DPRD Muna Barat, dan saat ini sebagai Wakil Ketua DPRD Muna.

"Insya Allah, keduannya akan mendapat respon positif dan diterima oleh masyarakat," terangnya.

Beda halnya dengan di Muna Barat. Demokrat memilih Balon Bupati, La Ode Darwin yang tercatat bukan sebagai kader partai.

"Kita memilih La Ode Darwin, karena kader belum ada yang siap. Kemudian, hasil survei sementara, elektabilitas Darwin teratas," ungkapnya.

Demokrat, lanjut Endang tetap membuka diri bagi yang bukan kader. Namun, dengan catatan harus membantu memenangkan Demokrat di pemilu dan pasangan Capres-Cawapres, Prabowo-Gibran Rakabuming Raka.

"Bantunya harus jelas memenangkan partai untuk dijadikan sebagai kendaraan di pilkada. Darwin pun sudah ditugaskan untuk membantu pemenangan," ujarnya.

Pada prinsipnya, Demokrat saat ini sudah siap menghadapi Pemilu 14 Februari 2024 mendatang.

"Kami dari Demokrat siap jadi pemenang di Muna dan Muna Barat," tegasnya.

Ketua DPC Demokrat Muna, Awal Jaya Bolombo berterima kasih atas kepercayaan ketua DPD yang telah menunjuknya sebagai balon bupati.

"Sebagai kader, namanya perintah siap kita laksanakan," tegasnya.

Senada juga disampaikan Cahwan. Katanya, suatu kehormatan baginya diberi amanah sebagai balon kepala daerah. Tentunya, agar Demokrat bisa mengusung calon sendiri di pilkada nanti, maka harus menjadi pemenang pemilu.

Baca Juga: Bachrun Labuta Kini Jabat Plt Bupati Muna

Kolaborasi dan kerja sama seluruh kader dibutuhkan dalam kerja-kerja politik untuk bisa mempertahankan kemenangan.

"Demokrat sudah terbukti, setiap pemilu perolehan suara terus meningkat," katanya.

Sebagai Ketua Bappilu, ia yakin Demokrat akan kembali mempertahankan kursi pimpinan dewan.

"Dari enam dapil, kita target satu kursi per dapilnya," tukasnya. (A)

Penulis: Sunaryo

Editor: Kardin

 

* BACA BERITA TERKINI LAINNYA DI GOOGLE NEWS

Artikel Terkait
Baca Juga