Deretan Aplikasi Pemerintahan dengan Nama Bikin Gelang Kepala, dari SiPepek hingga Jebol Ya Mas

Ahmad Jaelani, telisik indonesia
Rabu, 10 Juli 2024
0 dilihat
Deretan Aplikasi Pemerintahan dengan Nama Bikin Gelang Kepala, dari SiPepek hingga Jebol Ya Mas
Salah satu program dengan nama unik dan nyeleneh, yang sudah diterapkan. Foto: Repro Idntimes.com.

" Ramai di media sosial membicarakan sejumlah aplikasi program pemerintah dengan nama unik dan nyeleneh. Aplikasi yang dibuat pemerintah dengan kata-kata di luar nalar hingga membuat sejumlah warganet geleng kepala "

KENDARI, TELISIK.ID - Ramai di media sosial membicarakan sejumlah aplikasi program pemerintah dengan nama unik dan nyeleneh. Aplikasi yang dibuat pemerintah dengan kata-kata di luar nalar hingga membuat sejumlah warganet geleng kepala.

Seperti diketahui di Indonesia, beberapa pemerintah daerah telah menciptakan aplikasi dengan nama-nama yang unik dan kreatif untuk menarik perhatian masyarakat serta memudahkan pelayanan publik.

Menariknya, beberapa aplikasi pemerintah daerah yang ada di Indonesia ini sukses menjadi perbincangan hangat di kalangan masyarakat karena nama dan fungsinya yang unik dan menarik.

Dikutip dari viva.co.id, berikut ini adalah sederet aplikasi pemerintah dengan nama nyeleneh hingga berhasil menuai berbagai reaksi warganet di media sosial.

Baca Juga: Akselerasi Sertifikasi Halal RPH jadi Kunci Penting Ekosistem Halal Indonesia

1. SiPepek

SiPepek ini punya kepanjangan Sistem Pelayanan Program Penanggulangan Kemiskinan dan Jaminan Kesehatan. Aplikasi ini dimiliki oleh Kabupaten Cirebon.

2. SiSemok

SiSemok punya kepanjangan Sistem Informasi Organisasi Kemasyarakatan. Aplikasi ini punya pemerintah Kabupaten Pemalang. Aplikasi buatan pemerintah Kabupaten Bogor yang memiliki kepanjangan Sistem Informasi Kehadiran dan Kinerja.

3. SiGanteng

Pemerintah provinsi Jawa Tengah memiliki aplikasi yang dinamakan dengan SiGanteng. Kepanjangan dari aplikasi ini yaitu Sistem Informasi Ketenagalistrikan Jawa Tengah.

4. Mas Dedi Memang Jantan

Mas Dedi Memang Jantan kependekan dari Masyarakat Berdedikasi Memperhatikan Angkatan Kerja Rentan, seperti dilansir dari disway.id.

Program yang diluncurkan oleh kota Tegal ini memiliki tujuan untuk memberikan perlindungan kepada para pekerja Bukan Penerima Upah (BPU).

5. i-Pubert

i-Pubert merupakan singkatan dari Integrasi Pupuk Bersubsidi yang berasal dari program Kementerian Pertanian (Kementan) hasil kerja sama dengan PT Pupuk Indonesia (Persero).

6. Jebol Ya Mas

Jebol Ya Mas merupakan singkatan dari Program Inovasi Puskesmas Anggut Atas.Program ini berasal dari Pemerintah Kota Bengkulu.

Menanggapi nama-nama aplikasi dalam program pemerintah daerah maupun kementerian yang dinilai nyeleneh, Anggota Komisi II DPR RI dari Fraksi PKS, Mardani Ali Sera memberikan kritik pedas.

Baca Juga: Seorang Pengendara Motor Metik di Kendari Menabrak Mobil Pick Up

Kritikan tersebut disampaikan Mardani sebagai respons dari nama program pemerintah yang memakai akronim nyeleneh dan berbau seksualitas.

Bahkan, Mardani menyebut nama-nama program tersebut merendahkan etika. Penyebutan mungkin untuk memudahkan, tapi tidak bisa ditolerir karena merendahkan etika.

Mardani pun kemudian meminta nama-nama aplikasi program nyeleneh tersebut harus segera diganti.

Nama aplikasi pemerintahan yang mengundang perhatian tersebut menimbulkan berbagai reaksi dari masyarakat. Sebagian menganggapnya kreatif dan menarik, sementara yang lain merasa kurang pantas dan berlebihan. (C)

Penulis: Ahmad Jaelani

Editor: Fitrah Nugraha

 

* BACA BERITA TERKINI LAINNYA DI GOOGLE NEWS

Baca Juga