Deretan Doa saat Mencoblos, Agar Tak Salah Memilih Pemimpin

Nur Khumairah Sholeha Hasan, telisik indonesia
Selasa, 13 Februari 2024
0 dilihat
Deretan Doa saat Mencoblos, Agar Tak Salah Memilih Pemimpin
Pemilu menjadi momen bagi masyarakat untuk memilih pemimpin. Untuk memilih pemimpin, tidak boleh sembarangan. Foto: Repro Dream.co.id

" Agar tak salah pilih, Rasulullah SAW mengajarkan kepada umatnya agar berdoa sebelum memilih pemimpin "

KENDARI, TELISIK.ID - Masyarakat Indonesia, khususnya yang sudah memiliki hak suara, akan menyalurkan hak pilihnya tanggal 14 Februari besok. Ada 5 surat suara yang akan diberikan oleh petugas KPPS.

Pertama, surat suara pasangan Capres Cawapres berwarna abu-abu. Kedua, surat suara DPD berwarna merah. Ketiga, surat suara DPR RI berwarna kuning. Keempat, surat suara untuk DPRD provinsi berwarna biru. Kelima, surat suara DPRD kabupaten/kota berwarna hijau .

Pemilu menjadi momen bagi masyarakat untuk memilih pemimpin. Agar tak salah pilih, Rasulullah SAW mengajarkan kepada umatnya agar berdoa sebelum memilih pemimpin seperti dikutip dari Suara.com jaringan Telisik.id.

Ada beberapa doa yang bisa diamalkan agar kita mendapatkan pemimpin yang baik dan bertanggung jawab. Adapun beberapa doa memilih pemimpin yang bisa diamalkan yaitu seperti berikut ini.

"Allahumma la tusallith 'alaina bidzunubina man la yakhafuKa wala yarhamuna".

Baca Juga: Ini Penyebab Orang Menjadi Sesat

Artinya, “Ya Allah ya Tuhan kami, janganlah Engkau kuasakan (jadikan pemimpin) atas kami karena dosa-dosa kami orang yang tidak takut kepada-Mu dan tidak mempunyai belas kasihan kepada kami".

Doa ini pernah disampaikan Mustasyar Pengurus Besar Nahdlatul Ulama (PBNU), KH A Mustofa Bisri (Gus Mus) pada 1 Desember 2015 lalu, sebagaimana dalam tulisan yang dimuat NU Online berjudul 'Inilah Doa Jelang Pemilu agar Tak Salah Pilih Pemimpin' dilansir dari Nu.or.id.

Selain bacaan doa di atas, doa berikut ini juga bisa kamu amalkan untuk mendapat pemimpin yang baik dan amanah.

"Allahumma ashlih wulaa ta umuurinaa, Allahumma waffiq hum limaa tuhibbu wa tardho, Allahummaj 'alhum rahimatan 'alaa 'ibaadika, Allahummaj 'alhum qowwaamiina bilqisthi, Allahummaj 'alhum muhaa fidziina 'ala diinika wa 'irdika, Allahumma ashlih bihim ammataka, Allahumma ashlih bihim bilaa daka, Allahumma ashlih bihim 'aalamaka".

Artinya: "Ya Allah, perbaikilah pemimpin-pemimpin kami. Ya Allah, berilah mereka petunjuk kepada apa yang Engkau cintai dan ridhai. Ya Allah, jadikanlah mereka rahmat bagi hamba-hamba-Mu. Ya Allah, jadikanlah mereka penegak keadilan. Ya Allah, jadikanlah mereka penjaga agama dan kehormatan-Mu. Ya Allah, perbaikilah umat-Mu dengan mereka. Ya Allah, perbaikilah negeri-Mu dengan mereka. Ya Allah, perbaikilah dunia-Mu dengan mereka."

Baca Juga: Doa Memilih Pemimpin yang Baik dan Amanah

Jika doa di atas susah untuk dilafalkan, Anda bisa mencoba doa dibawah ini:

"Allaahumma innii a'uudzubika min imaa ratish shibyaani was sufahaa i".

Artinya: "Ya Allah, sungguh aku berlindung kepada-Mu dari pemimpin yang kekanak-kanakan dan pemimpin yang bodoh." (C)

Penulis: Nur Khumairah Sholeha Hasan

Editor: Haerani Hambali

 

* BACA BERITA TERKINI LAINNYA DI GOOGLE NEWS 

Baca Juga