Deretan Fakta Populasi Manusia di Bumi Saat Ini Nyaris 8 Miliar

Nur Khumairah Sholeha Hasan, telisik indonesia
Jumat, 11 November 2022
0 dilihat
Deretan Fakta Populasi Manusia di Bumi Saat Ini Nyaris 8 Miliar
PBB mengungkap, angka populasi manusia di bumi kini nyaris mendekati 8 miliar. Ilmuwan memprediksi jumlah penduduk akan berkisar di angka 8,5 miliar manusia pada tahun 2030 mendatang. Foto: Repro Kompas.com

" Populasi manusia di bumi saat ini mencapai angka cantik yakni sekitar 7,999 miliar jiwa hingga akhir November 2022, diperkirakan jumlahnya akan semakin bertambah "

CALIFORNIA, TELISIK.ID - Pertumbuhan penduduk di Bumi kini nyaris mendekati 8 miliar. Angka populasi yang tak sedikit dengan wilayah yang tak semua bisa dihuni seperti Benua Antartika. Hal ini terungkap dalam analisis terbaru dari Perserikatan Bangsa-Bangsa (PBB).

Melansir Sindonews.com, populasi manusia di bumi saat ini mencapai angka cantik yakni sekitar 7,999 miliar jiwa hingga akhir November 2022, diperkirakan jumlahnya akan semakin bertambah.

Terdapat beberapa fakta mengenai populasi manusia dari hasil analisis PBB yang dikutip dari berbagai sumber, antara lain:

1. Populasi dipengaruhi oleh kebiasaan sosial

Melansir Kompas.com, populasi manusia dipengaruhi oleh kebiasaan sosial yang mengatur reproduksi dan oleh perkembangan teknologi, terutama dalam bidang kedokteran dan kesehatan masyarakat.

2. Berkurangnya angka kelahiran

Dikutip dari Dw.com, Divisi Populasi PBB meriset mengenai pertambahan jumlah penduduk bumi diperkirakan bakal mencapai angka delapan miliar manusia pada 15 November mendatang.

Baca Juga: Penelitian Ungkap Crazy Rich Penyumbang Emisi Karbon Tertinggi

"Pada 2020, laju pertambahan populasi global anjlok di bawah satu persen per tahun untuk pertamakalinya sejak 1950,” menurut studi tersebut.

3. Pertumbuhan melambat

Melansir Cnbcindonesia.com, pada awal 1960-an, tingkat pertumbuhan penduduk dunia telah melambat secara dramatis. Pertumbuhan tahunan telah turun dari tertinggi 2,1 persen antara 1962 dan 1965 menjadi di bawah 1 persen pada 2020.

Angka itu berpotensi turun menjadi sekitar 0,5 persen pada tahun 2050 karena penurunan tingkat kesuburan yang terus berlanjut.

4. Jumlah populasi manusia semakin meningkat

John Wilmoth, Direktur Divisi Populasi PBB, mengatakan, pada 2030, ilmuwan memprediksi jumlah penduduk akan berkisar di angka 8,5 miliar manusia. Pertambahan populasi dunia bakal mencapai puncaknya pada 2080, ketika jumlah penduduk menyentuh angka 10,4 miliar manusia. Jumlah tersebut diprediksi tidak akan banyak berubah hingga tahun 2100.

"Tapi lebih dari itu, Anda harus menerawang dua atau tiga generasi di masa depan, dan dalam rentang waktu sejauh itu, banyak hal menjadi tidak jelas," kata Wilmoth dilansir dari Cnbcindonesia.com.

Baca Juga: Wanita di Negara Ini Dipaksa Jual Diri demi Beli Pembalut, Diganti Pakai Bulu Ayam dan Koran

Wilmoth juga mewanti-wanti, prediksi pertambahan populasi dunia harus disikapi secara hati-hati.

"Untuk 30-40 tahun ke depan, kita tahu betul apa yang akan terjadi dengan populasi dunia atau per negara,” lanjut dia.

5. Penurunan tingkat kesuburan

Pada 2021, tingkat kesuburan rata-rata adalah 2,3 anak per wanita selama hidupnya, turun dari sekitar lima pada 1950. Rasio tersebut diproyeksikan turun menjadi 2,1 pada tahun 2050.

"Kami telah mencapai tahap di dunia di mana mayoritas negara dan mayoritas orang di dunia ini tinggal di negara yang berada di bawah tingkat kesuburan pengganti atau kira-kira 2,1 anak per wanita," kata Rachel Snow dari Dana Kependudukan PBB. (C)

Penulis: Nur Khumairah Sholeha Hasan

Editor: Haerani Hambali

 

* BACA BERITA TERKINI LAINNYA DI GOOGLE NEWS 

Artikel Terkait
Baca Juga