Deretan Fakta The Mukaab, Bangunan yang Diklaim Tandingan Ka'bah

Nur Khumairah Sholeha Hasan, telisik indonesia
Rabu, 22 Februari 2023
0 dilihat
Deretan Fakta The Mukaab, Bangunan yang Diklaim Tandingan Ka'bah
Dari sekian banyak bangunan atau fasilitas yang didirikan di New Murabba, salah satu fokusnya akan tertera pada sebuah bangunan besar yang bernama The Mukaab. Foto: Repro: Narasi.tv

" Mukaab menjadi salah satu proyek ambisius lain yang dicanangkan oleh Putra Mahkota Mohammed bin Salman (MbS) di Arab Saudi "

RIYADH, TELISIK.ID - Arab Saudi kembali menjadi sorotan dunia pasca munculnya sebuah proyek bernama The Mukaab. Poyek ini nantinya menyerupai Ka'bah karena bangunan raksasa ini memiliki bentuk kubus yang serupa dengannya.

Melansir Sindonews.com, Mukaab menjadi salah satu proyek ambisius lain yang dicanangkan oleh Putra Mahkota Mohammed bin Salman (MbS) di Arab Saudi.

Dari sekian banyak bangunan atau fasilitas yang didirikan di New Murabba, salah satu fokusnya akan tertera pada sebuah bangunan besar yang bernama The Mukaab.

Berikut sejumlah fakta terkait proyek The Mukaab Arab Saudi dikutip dari berbagai sumber.

1. Desain konstruksi

Berbeda dengan gedung biasa, konstruksi baru yang diusulkan adalah bangunan yang menyerupai kubus berongga. Namun, pada sejumlah foto dan video promosi yang beredar, banyak yang menyebut bangunan ini mirip dengan ka'bah. Lebih lanjut, The Mukaab ini memiliki desain yang dikatakan terinspirasi oleh arsitektur tradisional Najdi.

Baca Juga: Deretan Proyek Gila Putra Mahkota Arab Saudi, Dituding Buat Saingan Kabah

2. Bangunan terbesar di dunia

Mengutip Indozone.id, the mukaab merupakan bangunan setinggi 400 meter, lebar 400 meter, dan panjang 400 meter. Bangunan ini digadang mampu memuat 20 gedung Empire State, sehingga bisa dikatakan akan menjadi salah satu bangunan terbesar di dunia. Bangunan berbentuk kubus ini menawarkan pengalaman yang diciptakan oleh teknologi digital dan virtual dengan holografi terbaru.

3. Bakal diisi ribuan hiburan

Baca Juga: Mohammed Bin Salman Punya Proyek Gila di Arab, Buat Tempat Judi Hingga Sambut Israel

Dilansir dari Cnnindonesia.com, gedung tersebut nantinya akan berisi pameran budaya dan wisata, teater imersif, serta atrium. Di kawasan itu pula akan dibangun lebih dari 100 ribu unit hunian, 9.000 kamar hotel, 980 ribu meter untuk pertokoan, dan 1,4 meter persegi untuk ruang kantor. Selain itu, The Mukaab bakal menampung 80 tempat hiburan dan budaya universitas teknologi dan desain, ruang serba guna dan museum ikonik.

4. Buka sektor swasta

Dilansir dari Liputan6.com, peluncuran ini adalah bagian dari strategi PIF untuk membuka kemampuan sektor yang menjanjikan, mengaktifkan sektor swasta dan meningkatkan konten lokal. Proyek ini ditujukan agar bisa berkontribusi pada pengembangan proyek real estat dan infrastruktur lokal, serta mendiversifikasi sumber pendapatan bagi ekonomi Saudi.

Diperkirakan akan menambah SAR180 miliar ke PDB non-minyak dan menciptakan 334.000 pekerjaan langsung dan tidak langsung pada tahun 2030. Proyek ini akan selesai pada tahun 2030. (C)

Penulis: Nur Khumairah Sholeha Hasan

Editor: Haerani Hambali

 

* BACA BERITA TERKINI LAINNYA DI GOOGLE NEWS

Baca Juga