Deretan Hewan dengan Mata Paling Unik di Dunia

Nur Khumairah Sholeha Hasan, telisik indonesia
Senin, 12 Februari 2024
0 dilihat
Deretan Hewan dengan Mata Paling Unik di Dunia
Jarak pandang bunglon bisa mencapai 360 derajat. Selain itu, masing-masing mata bunglon bisa bergerak secara independen hingga mereka bisa melihat ke segala arah sekaligus. Foto: Repro Jenis.net

" Hewan-hewan tertentu punya fungsi mata yang sangat unik, yang membantu mereka beradaptasi dengan lingkungannya "

KENDARI, TELISIK.ID - Mata merupakan salah satu organ vital bagi hewan untuk melihat dan beradaptasi dengan lingkungannya. Hewan-hewan tertentu punya fungsi mata yang sangat unik, yang membantu mereka beradaptasi dengan lingkungannya.

Berikut ini hewan dengan mata yang unik:

1. Cumi-cumi kolosal

Dilansir dari Sindonews.com, cumi-cumi kolosal memiliki mata seukuran bola sepak (diameter sekitar 25 cm). Salah satu yang terbesar di dunia hewan. Mata ini membantu mereka melihat dalam kegelapan laut dalam untuk mencari mangsa dan menghindari predator. Mata cumi-cumi kolosal adalah organ terbesar dari semua hewan.

Baca Juga: MAN 1 Kendari Buka Pendaftaran Siswa Baru, Ini Syarat dan Jadwalnya

2. Bunglon

Dikutip Idntimes.com, salah satu hewan yang memiliki mata unik adalah chameleon atau bunglon. Mata chameleon memiliki kemampuan untuk bergerak secara independen satu sama lain, sehingga mereka dapat melihat dua arah sekaligus tanpa harus menggerakkan kepala.

Selain itu, mata chameleon dilengkapi dengan lapisan yang dapat memantulkan cahaya ultraviolet, memungkinkan mereka melihat pola cahaya yang tidak dapat dilihat oleh manusia.

Jarak pandangnya bisa mencapai 360 derajat. Selain itu, masing-masing mata bunglon bisa bergerak secara independen hingga mereka bisa melihat ke segala arah sekaligus. Mata bunglon pun memiliki lensa konkaf alias lensa negatif.

Ini membuat mata mereka bisa berfungsi seperti kaca pembesar yang bisa melihat segala objek di sekelilingnya lebih besar. Itu membuat mereka bisa dengan akurat melihat serangga yang berjarak 5-10 meter.

3. Kepiting mantis

Kepiting mantis juga dikenal karena memiliki mata yang unik. Mata mereka berada di bagian depan tubuh dan memiliki pola yang kompleks. Mereka memiliki penglihatan binokular yang kuat, yang memungkinkan mereka untuk melihat dengan jelas mangsanya dan bahkan mampu mendeteksi gerakan yang sangat kecil.

Baca Juga: Putri Asal Konawe Selatan jadi Wisudawan Terbaik UHO, Ini Kisahnya

4. Lebah madu

Lebah madu juga memiliki mata yang menarik. Mata mereka terdiri dari ribuan lensa kecil yang disebut ommatidia, yang memungkinkan mereka untuk melihat dunia dengan sudut pandang yang luas. Mata lebah madu juga memiliki kemampuan untuk mendeteksi pola dan warna yang sangat rumit, membantu mereka dalam navigasi dan mencari makanan.

5. Burung hantu

Burung hantu adalah hewan lain yang memiliki mata yang unik. Mata mereka besar dan bulat, dengan pupil yang dapat memperluas atau menyempit, memungkinkan mereka untuk melihat dengan baik dalam kondisi cahaya rendah. Selain itu, mata burung hantu terletak di depan kepala mereka, memberikan pandangan binokular yang kuat dan memungkinkan mereka untuk mengukur jarak dengan tepat saat berburu mangsa.

Semua hewan ini memiliki mata yang unik dan menarik, dengan adaptasi yang sesuai dengan lingkungan dan kebutuhan hidup mereka. (C)

Penulis: Nur Khumairah Sholeha Hasan

Editor: Haerani Hambali

 

* BACA BERITA TERKINI LAINNYA DI GOOGLE NEWS

Baca Juga