Deretan Kampus Top Dunia Punya Jurusan Bahasa Indonesia

Ahmad Jaelani, telisik indonesia
Selasa, 17 September 2024
0 dilihat
Deretan Kampus Top Dunia Punya Jurusan Bahasa Indonesia
University of Whasington menjadi salah satu kampus top dunia yang menerapkan Bahasa Indonesia. Foto: Repro Pixabay

" Banyak universitas ternama dunia yang kini menawarkan program studi bahasa Indonesia untuk memperkenalkan budaya dan bahasa Indonesia kepada mahasiswa dari berbagai negara "

JAKARTA, TELISIK.ID - Bahasa Indonesia semakin mendapat pengakuan di dunia internasional. Hal ini terbukti dengan semakin banyaknya kampus-kampus top dunia yang menyediakan jurusan bahasa Indonesia sebagai salah satu program studi yang diajarkan.

Menurut Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi (Kemendikbud Ristek) Republik Indonesia, bahasa Indonesia pernah menjadi bahasa resmi dalam sidang umum UNESCO pada November 2023.

Momentum tersebut menjadi bukti bahwa bahasa Indonesia semakin diakui di kancah internasional, baik dalam konteks budaya maupun akademis.

Banyak universitas ternama dunia yang kini menawarkan program studi bahasa Indonesia untuk memperkenalkan budaya dan bahasa Indonesia kepada mahasiswa dari berbagai negara.

Telisikers, berikut ini adalah beberapa kampus top dunia yang telah menyediakan jurusan bahasa Indonesia:

1. Yale University

Mengutip CNN Indonesia, Selasa (17/9/2024), Yale University, sebuah kampus swasta di Amerika Serikat, telah memiliki jurusan bahasa Indonesia. Berdasarkan Top Universities, kampus ini berada di peringkat ke-21 dunia dan menawarkan 80 program sarjana serta 131 program pascasarjana.

Baca Juga: 5 Negara ASEAN dengan Sistem Pendidikan Terbaik

Jurusan bahasa Indonesia di Yale University berada di bawah naungan Council on Southeast Asian Studies. Di sini, mahasiswa dapat belajar bahasa Indonesia langsung dari pengajar yang berasal dari Indonesia. Sejak 2015, Yale University juga menerima sumbangan koleksi kostum tari dan aksesoris dari Indonesia yang menjadi alat bantu untuk mempelajari budaya Nusantara.

2. University of Washington

University of Washington merupakan salah satu kampus tertua di Amerika Serikat yang juga memiliki jurusan bahasa Indonesia. Didirikan pada tahun 1861, kampus ini memiliki Departemen Bahasa dan Sastra Asia di mana bahasa Indonesia diajarkan.

Program ini terbuka bagi mahasiswa sarjana dan pascasarjana, dengan kelas yang sepenuhnya diajarkan dalam bahasa Indonesia.

3. University of Melbourne

Di Australia, University of Melbourne juga menawarkan jurusan bahasa Indonesia. Selain mempelajari bahasa, mahasiswa di University of Melbourne juga mempelajari budaya dan sejarah Indonesia.

Lulusan program ini akan mendapatkan gelar Bachelor of Arts (BA). University of Melbourne adalah salah satu kampus tertua di Australia yang telah berdiri sejak 1853 dan kini menjadi salah satu kampus riset terkemuka di dunia.

4. SOAS University of London

SOAS University of London, yang terletak di Inggris, juga menawarkan program bahasa Indonesia di bawah School of Languages, Cultures, and Linguistics. Kampus ini berdiri sejak 1916 dan merupakan salah satu universitas terkemuka di bidang studi Asia, Afrika, dan Timur Tengah.

Baca Juga: Deretan Jurusan Kuliah Diklaim Punya Prospek Masa Depan Cerah

Mahasiswa di sini dapat belajar bahasa Indonesia serta mendalami budaya dan linguistiknya.

5. Tokyo University of Foreign Studies

Tokyo University of Foreign Studies merupakan salah satu kampus tertua di Jepang yang menyediakan program bahasa Indonesia. Program ini dirancang untuk mengajarkan bahasa Indonesia secara bertahap kepada mahasiswa.

Pada tahun pertama, mahasiswa akan mempelajari bahasa Indonesia tingkat dasar. Di tahun kedua, mahasiswa akan belajar bahasa Indonesia tingkat lanjut, sedangkan di tahun ketiga dan keempat mereka akan mempelajari lebih dalam tentang Indonesia serta melakukan penelitian.

6. Hankuk University of Foreign Studies

Di Korea Selatan, Hankuk University of Foreign Studies juga memiliki program bahasa Indonesia. Kampus yang berdiri sejak 1954 ini menawarkan program bahasa Indonesia di bawah Department of Vietnam and Indonesia.

Selain belajar bahasa Indonesia, mahasiswa juga mempelajari bahasa Vietnam. Program ini memberikan kesempatan kepada mahasiswa untuk mempelajari dua bahasa Asia Tenggara sekaligus. (C)

Penulis: Ahmad Jaelani

Editor: Haerani Hambali

 

* BACA BERITA TERKINI LAINNYA DI GOOGLE NEWS 

Artikel Terkait
Baca Juga