adplus-dvertising

Deretan Masjid Termegah di Dunia, Nomor 4 Bikin Kaget

Ibnu Sina Ali Hakim, telisik indonesia
Senin, 07 Februari 2022
7456 dilihat
Deretan Masjid Termegah di Dunia, Nomor 4 Bikin Kaget
Masjid Sultan Ahmed di Tuki. Foto: nusagates.com

" Masjid merupakan tempat suci untuk beribadah umat Muslim. Deretan masjid termegah di dunia dilansir dari berbagai sumber "

KENDARI, TELISIK.ID - Masjid merupakan tempat suci untuk beribadah umat Muslim.

Tentu tak aneh jika di setiap negara ada begitu banyak masjid, karena umat Muslim tersebar di seluruh dunia.

Berikut Telisik.id merangkum deretan masjid termegah di dunia dilansir dari berbagai sumber.


1. Masjidil Haram (Arab Saudi)

Masjidil Haram, Arab Saudi. Foto: Orami Photo

 

Dilansir Galamedianews.com, Masjidil Haram bisa dikatakan sebagai masjid terbesar, termegah, dan terindah di dunia. Masjidil Haram sendiri terletak di kota Mekkah, Arab Saudi.

Masjid ini memiliki area seluas 400.800 meter persegi dan dapat menampung hingga 4 juta orang sekaligus.

Selain luas, tampilan masjid ini juga begitu megah sehingga disebut sebagai masjid terindah di dunia. Masjidil Haram memiliki ratusan pintu masuk dan menara yang menjulang tinggi.

Di dalam Masjidil Haram terdapat banyak bangunan bersejarah, seperti Kabah, Hajar Aswad, Maqam Ibrahim, sumur zam-zam, dan yang lainnya.

2. Sheikh Zayed Grand (Abu Dhabi)

Masjid Sheikh Zayed di Abu Dhabi. Foto: Bisnis.com

 

Masjid Sheikh Zayed Grand menjadi masjid yang paling terkenal di Uni Emirat Arab tepatnya di kota Abu Dhabi. Masjid ini dibangun pada tahun 1966-2007 dengan luas area mencapai 12 hektare dan mampu menampung lebih dari 40.000 jamaah.

Bentuk arsitekur dari Masjid Sheikh Zayed Grand memiliki arsitek ala Arab, Persia Mughal, dan Maroko.

3. Masjid Sultan Ahmed (Turki)

Masjid Sultan Ahmed di Tuki. Foto: nusagates.com

 

Dilansir Orami.co.id, Masjid terindah lainnya yang perlu umat Islam kunjungi, yakni Masjid Sultan Ahmed di Turki. Masjid yang dijuluki sebagai The Blue Mosque atau Masjid Biru ini dibangun di bawah pemerintahan penguasa Ottoman Ahmed I antara tahun 1609 dan 1616 dalam serangkaian kubah dan setengah kubah.

Baca Juga: Pesawat Dilarang Keras Melintasi Ka'bah, Ini Alasannya

Di samping kubah yang ditata dengan indah dari kubah pusat yang megah, langit-langit masjidnya tampak berkilau dengan 20.000 ubin Iznik (Nicaea kuno) biru buatan tangan yang menampilkan bunga, pohon, dan pola abstrak yang jumlahnya lebih dari lima puluh desain berbeda. 

4. Qolsharif (Rusia)

Madjid Qolsarif di Rusia. Foto: Hadoken

 

Walapun bukan dengan mayoritas Islam. Namun Russia punya salah satu masjid termegah di dunia. Masjid Qolsharif adalah salah satu masjid terbesar dan terindah di Rusia.

Dengan ciri khas kubah bewarna biru, Masjid Qolsharif mampu menampung sampai 6000 jamaah.

Masjid ini memiliki dua bangunan besar, bangunan pertama dengan satu kubah biru besar dan bangunan kedua dengan satu kubah dan lima menara.

Terdapat tiga elemen arsitektur yang mendominasi masjid ini, yaitu Volga Bulgarian, Ottoman, dan Renaisans.

5. Masjid Hassan II, Maroko

 

Masjid Hassan II yang berlokasi di kota Casablanca, Maroko, ini sangat istimewa. Masjid yang mampu menampung 100 ribu jemaah ini juga mendapat julukan Singgasana Tuhan di Atas Air atau Masjid Terapung Terbesar di Dunia karena berada di atas air.

Masjid yang dibangun atas keinginan Raja Hassan II itu berdiri kokoh di atas tanah reklamasi yang dulunya merupakan kawasan kumuh dekat laut.

Setengah luas bangunan masjid berada di atas Samudera Atlantik dan sisanya dibangun di atas tanjung reklamasi. Kawasan kumuh itu disulap jadi kawasan indah dan berkelas.

Baca Juga: Begini Tips Memilih Aset Kripto Melalui Analisis Fundamental

Michael Pinseau, seorang arsitek asal Prancis, ditunjuk untuk membuat rancangan masjid tersebut.

Dengan desain mewah dan megah, masjid tersebut konon memakan biaya hingga USD 800 juta atau lebih dari Rp 11 triliun. Masjid ini sempat menyandang predikat masjid termahal di dunia. (C)

Reporter: Ibnu Sina Ali Hakim

Editor: Kardin

Artikel Terkait
Baca Juga