Deretan Miniatur Raja Ampat di Indonesia, 3 Diantaranya dari Sulawesi

Nur Khumairah Sholeha Hasan, telisik indonesia
Rabu, 21 September 2022
0 dilihat
Deretan Miniatur Raja Ampat di Indonesia, 3 Diantaranya dari Sulawesi
Pantai Kasap berada di Kabupaten Pacitan, miniatur Raja Ampat yang berada di Provinsi Jawa Timur. Foto: Repro pegipegi.com

" Indonesia merupakan negara dengan jumlah kepulauan terbesar dan terbanyak di dunia. Raja Ampat merupakan salah satu tempat wisata yang sangat populer di Indonesia "

KENDARI, TELISIK.ID - Indonesia merupakan negara dengan jumlah kepulauan terbesar dan terbanyak di dunia. Raja Ampat merupakan salah satu tempat wisata yang sangat populer di Indonesia.

Kepulauan yang sangat menawan ini berada di Provinsi Papua Barat terkenal dengan keindahan alamnya membuat kepulauan ini sering disebut sebagai surga dunia. 

Bagi anda yang ingin berwisata ke Raja Ampat namun terkendala biaya, anda bisa mencoba destinasi wisata di beberapa daerah ini, yang pemandangannya tak jauh beda dengan Raja Ampat.

Berikut ini daerah yang destinasi wisatanya mirip Raja Ampat, seperti di lansir dari pegi-pegi.com dan idntimes.com, antara lain:

1. Pantai Kasap, Pacitan

Pantai Kasap berada di Kabupaten Pacitan, miniatur Raja Ampat yang berada di Provinsi Jawa Timur. Foto: Repro pegipegi.com

 

Pantai Kasap berada di Kabupaten Pacitan, Provinsi Jawa Timur. Lokasinya berdekatan dengan dua pantai lainnya, yaitu Pantai Watu Karung dan Pantai Bercak. Pantai Kasap hadir dengan keindahan yang menawan dengan batu-batu karang besar di sekitar pantainya.

Baca juga: Deretan Destinasi Wisata Bahari di Sulawesi Tenggara, Nomor 9 Mendunia

Pasir pantai yang halus berwarna putih dengan air laut yang kebiruan membuat Pantai Kasap terlihat semakin cantik. Dari atas, Bentuk pantai dan susunan karang-karang di sekitarnya membuatnya terlihat seperti Raja Ampat. Itulah mengapa pantai ini juga disebut sebagai Raja Ampatnya Pacitan.

2. Bukit Molenteng, Nusa Penida

Bukit Molenteng memiliki keindahan pantai, pasir putih, dan gugusan batuan karang ini membuatnya kerap disebut sebagai Raja Ampatnya Bali. Foto: Repro pegipegi.com

 

Jika kamu berkunjung ke Bukit Molenteng di Nusa Penida, kamu akan disambut dengan keindahan gugusan pulau batu karang yang disebut dengan Pulau Seribu Nusa Penida. Keindahan pantai dengan laut biru, pasir putih, dan gugusan batuan karang ini membuatnya kerap disebut sebagai Raja Ampatnya Bali.

3. Pulau Sombori, Morowali

Pulau Sombori, pengunjung akan langsung dibuat terpesona dengan pemandangan indah sejauh mata memandang. Foto: Repro Idntimes.com

 

Pulau Sombori termasuk ke dalam wilayah Kabupaten Morowali, Provinsi Sulawesi Tengah. Untuk menuju ke Pulau Sombori, pengunjung bisa berangkat dari Kota Bungku naik kapal cepat selama 2 jam.

Sesampainya di Pulau Sombori, pengunjung akan langsung dibuat terpesona dengan pemandangan indah sejauh mata memandang. Pulau Sombori dipenuhi gugusan pulau yang membuatnya dijuluki sebagai miniaturnya Raja Ampat.

Daya tarik lain dari Pulau Sombori adalah keberadaan Gua Berlian yang cukup luas. Banyak spot cantik di dalamnya.

4. Pantai Wedi Ireng, Banyuwangi

Pantai Wedi Ireng letaknya di Dusun Pancer, Desa Sumberagung, Kecamatan Pesanggaran, Banyuwangi. Foto: Repro Banyuwangibagus.com

 

Destinasi wisata mirip Raja Ampat selanjutnya adalah Pantai Wedi Ireng yang berlokasi di Dusun Pancer, Desa Sumberagung, Kecamatan Pesanggaran, Banyuwangi. Pantai ini diapit oleh dua pantai lainnya, yaitu Pantai Pulau Merah dan Pantai Teluk Hijau.

Lokasinya cukup tersembunyi sehingga tidak terlalu ramai oleh wisatawan. Pantai berpasir putih ini diapit bukit-bukit hijau di sekelilingnya dan dihiasi dengan ombak yang landai. Hal inilah yang membuatnya tampak mirip seperti Raja Ampat.

5. Pulau Labengki, Konawe Utara

Pulau cantik ini dikelilingi dengan gugusan pulau-pulau kecil dan terdapat teluk cantik berbentuk hati. Foto: Repro pegipegi.com

 

Miniatur Raja Ampat selanjutnya adalah Pulau Labengki yang terletak di Konawe Utara, Sulawesi Tenggara. Pulau cantik ini dikelilingi dengan gugusan pulau-pulau kecil dan terdapat teluk cantik berbentuk hati. Di sini, kamu juga bisa menikmati pemandangan bawah laut yang menawan. Jika beruntung, kamu bisa bertemu dengan kawanan lumba-lumba yang sering berenang di sekitar pulau.

6. Pantai Teluk Asmara, Malang

Teluk Asmara berada di Desa Tambakrejo, Kecamatan Sumbermanjing, Kabupaten Malang. Foto: Repro pegipegi.com

 

Teluk Asmara berada di Desa Tambakrejo, Kecamatan Sumbermanjing, Kabupaten Malang. Letaknya sendiri berdekatan dengan pantai-pantai lain yang juga berada di Malang Selatan. Namun, yang membuatnya istimewa adalah deretan pulau-pulau kecil yang ada di sekitarnya.

Baca Juga: 7 Jembatan Terindah di Dunia Bak Negeri Dongeng, Ada Indonesia

Pantai indah ini adalah tempat sempurna untuk berkemah. Deburan ombak yang menabrak pulau-pulau kecil di sekitarnya dan pasir putihnya yang cantik, membuat Pantai Teluk Asmara terlihat sangat memesona.

7. Pantai Tebing Apparalang, Bulukumba

Sesuai namanya, pantai ini tidak memiliki pesisir dan hanya berupa tebing yang langsung berhadapan dengan laut. Foto: Repro pegipegi.com

 

Di Kabupaten Bulukumba, Sulawesi Selatan, terdapat sebuah pantai cantik yang bernama Pantai Tebing Apparalang. Sesuai namanya, pantai ini tidak memiliki pesisir dan hanya berupa tebing yang langsung berhadapan dengan laut. Meski berupa tebing kokoh yang tinggi, sudah tersedia jalur khusus untuk bisa menikmati pemandangan pantai dengan spot tebing yang menjorok hingga ke tengah pantai. (C)

Penulis: Nur Khumairah Sholeha Hasan

Editor: Kardin

Baca Juga