Deretan Rekomendasi Beasiswa Luar Negeri Tanpa TOEFL

Nur Khumairah Sholeha Hasan, telisik indonesia
Kamis, 12 Oktober 2023
0 dilihat
Deretan Rekomendasi Beasiswa Luar Negeri Tanpa TOEFL
Melanjutkan pendidikan ke jenjang yang lebih tinggi merupakan impian para scholarship hunters. Foto: Umn.ac.id

" Melanjutkan pendidikan ke jenjang yang lebih tinggi merupakan impian para scholarship hunters. Namun, tak sedikit TOEFL jadi penghalang dan rintangan tersendiri terutama jika beasiswa yang dituju adalah beasiswa luar negeri "

KENDARI, TELISIK.ID - Melanjutkan pendidikan ke jenjang yang lebih tinggi merupakan impian para scholarship hunters. Namun, tak sedikit TOEFL jadi penghalang dan rintangan tersendiri terutama jika beasiswa yang dituju adalah beasiswa luar negeri.

Dilansir dari laman Kompas.com, Anda bisa mencoba beberapa beasiswa berikut di luar negeri:

1. Beasiswa Erasmus Mundus

Beasiswa ini memberikan banyak akses untuk kuliah di banyak kampus terbaik di Eropa. Dari beasiswa ini, kamu bisa tanpa TOEFL meraihnya. Namun, memiliki fokus pada peningkatan kolaborasi dan mobilitas antara Eropa dan negara-negara non-Eropa.

Walaupun tak menuntut TOEFL, beasiswa ini butuh penguasaan bahasa Inggris yang baik. Untuk itu, kamu perlu persiapkan diri secara khusus, agar bisa lolos dalam pendaftaran beasiswa ini.

Baca Juga: APTISI Harus Mampu Selesaikan Masalah Pendidikan Tinggi di Sulawesi Tenggara

2. DAAD

Dinas Pertukaran Akademis Jerman atau Deutscher Akademischer Austauschdienst (DAAD) adalah beasiswa prestisius dari Jerman. DAAD menawarkan beasiswa S3 tanpa TOEFL untuk berbagai disiplin ilmu. Program beasiswa ini mempunyai persyaratan yang berbeda-beda. Meski tanpa TOEFL, beasiswa DAAD menuntut bukti kemampuan bahasa, baik Jerman atau Inggris, tergantung pada program yang dipilih.

3. Beasiswa Monbukagakusho (MEXT)

Monbukagakusho pada dasarnya merupakan Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Olahraga, Ilmu Pengetahuan dan Teknologi Jepang. Kementerian ini diketahui menyelenggarakan program beasiswa internasional seperti dilansir dari Duniadosen.com.

Sehingga disebut dengan program Beasiswa Monbukagakusho dan membantu memberikan fasilitas kuliah gratis di Jepang mulai dari jenjang S1. Berikut detail informasinya:

Negara : Diselenggarakan pemerintah negara Jepang melalui Monbukagakusho.

Jenjang Beasiswa : S1, S2, dan S3.

Cakupan Beasiswa : Biaya pendidikan, tunjangan hidup, tiket pesawat PP, dan biaya pengurusan visa pelajar atau mahasiswa.

Periode Pendaftaran : Masa pendaftaran beasiswa Monbukagakusho umumnya dibuka bulan April sampai Mei setiap tahunnya.

Baca Juga: BNPB Ajar Transformasi Digital Ketahanan dan Ketangguhan Masyarakat pada Bencana ke Mahasiswa Geografi FMIPA UHO

4. Türkiye Burslari Scholarship

Rekomendasi beasiswa S3 tanpa TOEFL yang pertama adalah Turkiye Burslari Scholarship. Sesuai dengan namanya, program beasiswa ini diselenggarakan oleh pemerintah Turki untuk mahasiswa internasional, termasuk mahasiswa Indonesia.

Detail lainnya mengenai program ini adalah:  

Negara : Beasiswa diselenggarakan oleh pemerintah Turki.

Jenjang Beasiswa : S1, S2, dan S3.

Cakupan Beasiswa : Biaya pendidikan, akomodasi, tiket pesawat PP, dan kursus bahasa Turki selama 1 tahun.

Periode Pendaftaran : Beasiswa tahun ajaran 2024 dibuka pendaftaran pada 10 Januari hingga 20 Februari 2023. (C)

Penulis: Nur Khumairah Sholeha Hasan

Editor: Kardin

 

* BACA BERITA TERKINI LAINNYA DI GOOGLE NEWS

Artikel Terkait
Baca Juga